Kompas TV nasional peristiwa

Kementerian Perhubungan Sebut Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Sekarang Jumlah Kendaraan Mulai Landai

Kompas.tv - 22 April 2023, 00:00 WIB
kementerian-perhubungan-sebut-puncak-arus-mudik-sudah-lewat-sekarang-jumlah-kendaraan-mulai-landai
Kemacetan terlihat di jalan tol Jakarta-Cikampek di Cikarang, Jawa Barat, Jumat, 29 April 2022. Jutaan orang mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idulfitri. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan mengungkapkan bahwa puncak arus mudik sudah lewat, karena terjadi pada Rabu (19/4/2023).

"Untuk arus mudik sudah mencapai puncaknya pada 19 April 2023, jadi H-3 Lebaran itu adalah puncak arus mudik," kata juru bicara (Jubir) Kemenhub Adita Irawati di program Breaking News Kompas TV, Jumat (21/4/2023).

Adita menerangkan, jumlah kendaraan yang melintas dari Jakarta ke arah timur Pulau Jawa semakin landai pada Kamis (20/4/2023) dan Jumat (21/4/2023).

"Meski tanggal 20 (volume kendaraan) juga tinggi, tetapi tidak setinggi tanggal 19," ujarnya.

Berdasarkan data yang ia miliki dari Jasa Marga, masih ada sekitar 61 ribu kendaraan yang keluar dari Jakarta pada Kamis. Selain itu, pada Jumat (21/4), jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta juga semakin sedikit.

Oleh karena itu, Kemenhub pun telah menyetop berbagai rekayasa lalu lintas untuk menanggulangi kemacetan, misalnya kebijakan satu arah (one way) atau dua arah (contra-flow).

"Karena kami lihat sudah sangat kondusif volume kendaraannya," terangnya.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Beri Tiga Pesan Ini pada Malam Takbir Jelang Idulfitri 1444 H

Adita pun mengungkapkan, menurut data yang dimiliki Kemenhub, jumlah pemudik tahun ini meningkat. 

Pemudik yang menggunakan transportasi umum naik sebanyak 20 persen. Sementara itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi naik sebanyak 8 hingga 10 persen dibanding tahun 2022.

Peningkatan jumlah pemudik, lanjut dia, justru terjadi di angkutan udara. Jumlah pengguna pesawat terbang pada momen Lebaran 2023 ini meningkat hingga 20 persen dibanding tahun 2022.

"Jadi memang kalau bicara peningkatan, ada peningkatan, meskipun mungkin peningkatannya tidak seperti hasil survei, sampai 44 persen ya," ungkapnya.

Data tersebut menunjukkan bahwa masyarakat lebih banyak memilih untuk menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Meski, lanjut dia, volume kendaraan pribadi lebih banyak di jalanan.

"Mudah-mudahan ini menjadi tren masyarakat, ketika melakukan perjalanan yang masif, seperti mudik dan tahun baru, sudah mulai bergeser menggunakan transportasi umum," urainya.

Selain itu, menurut Adita, tren angka kecelakaan lalu lintas tahun 2023 ini menurun dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1444 H, Imbau Masyarakat Hati-Hati saat Mudik


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x