Kompas TV nasional politik

Megawati Pakaian Kopiah ke Ganjar Pranowo Usai Tunjuk Jadi Bakal Capres PDIP, Ini Artinya

Kompas.tv - 21 April 2023, 14:51 WIB
megawati-pakaian-kopiah-ke-ganjar-pranowo-usai-tunjuk-jadi-bakal-capres-pdip-ini-artinya
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah kepada bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Partai PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri terlihat memakaikan kopiah hitam kepada Ganjar Pranowo yang telah ditunjuknya sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024 mendatang.

Dipantau dalam Breaking News Kompas TV, sebelum memakaikan kopiah ke gubernur Jawa Tengah itu,  Megawati mengemukakan arti aksinya tersebut.

Ia mengatakan, kopiah merupakan budaya orang Indonesia. Megawati juga mengutip perkataan Bung Karno yang menyebut kopiah merupakan simbol dari nasionalisme religius.

"Saya sebagai ketua umum akan memberikan sebuah kopiah karena kita melihat budaya orang Indonesia itu sebenarnya berkopiah."

Baca Juga: Ganjar Resmi Jadi Bakal Capres PDIP, Puan Maharani Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan

"Dan Bung Karno mengatakan itu adalah identitas dari nasionalisme kita yang disebut nasional religius," ucap Megawati, Jumat (21/4/2023).


 

Ia berharap kopiah bisa dijadikan sebuah simbol bagi seluruh rakyat Indonesia untuk tidak melihat Ganjar Pranowo dari segi agama namun nasionalisme dan religiusnya.

Saat dipakaikan kopiah oleh Megawati, Ganjar Pranowo terlihat tersenyum. Ia kemudian menjabat tangan Ketum PDIP tersebut.

Baca Juga: Dipilih Megawati Jadi Bakal Capres di Pilpres 2024, Ganjar: Ini Bukan Tugas yang Mudah

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri resmi menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres dari partai berlambang kepala banteng moncong putih itu di Pilpres 2024 mendatang. 

"Pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 maka pada 13.45 menetapkan Ganjar Pranowo untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres dari PDIP," kata Megawati.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x