Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Tak Akan Dirikan TPS Pemilu 2024 di Asrama TNI-Polri

Kompas.tv - 18 April 2023, 14:06 WIB
kpu-tak-akan-dirikan-tps-pemilu-2024-di-asrama-tni-polri
Pekerja menata kotak suara setelah dirakit di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (14/2). (Sumber: Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya tak akan mendirikan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 di asrama TNI-Polri. 

Baca Juga: KPU: DPS Pemilu 2024 Capai 205 Juta Orang

Ia menjelaskan, alasannya agar menghindari adanya permasalahan yang kerap terjadi di pesta demokrasi sebelumnya. 

"Di mana ada asrama TNI, ada asrama Polri, nanti supaya tidak menimbulkan perdebatan-perdebatan yang tidak perlu sebagaimana yang sudah-sudah," kata Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).


 

Hasyim menyebut, untuk menghindari adanya konflik pihaknya sudah memiliki alternatif, yakni dengan mendirikan TPS di luar asrama.

"Mungkin nanti lokasinya ditempatkan di luar asrama, supaya berbaur dengan warga," katanya.

Hasyim menambahkan, jika TPS didirikan di asrama TNI-Polri, maka usai penghitungan suara berakhir akan diketahui pasangan calon mana yang menang di masing-masing asrama. 

Baca Juga: KPU Diminta Tak Merepotkan Persyaratan Jadi Caleg di Pemilu 2024

"Kalau misalkan seperti kemarin, nanti jadi cara pandang yang kurang menguntungkan kalau misalkan disebutkan TPS di asrama ini, di asrama ini yang menang pasangan calon nomor berapa. Untuk mengurangi penilaian-penilaian yang kurang pas untuk kita," katanya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x