Kompas TV nasional humaniora

Tinjau Pelabuhan Merak, Jokowi Imbau Calon Pemudik Pesan e-Ticket dan Jelaskan Penambahan Dermaga

Kompas.tv - 11 April 2023, 15:14 WIB
tinjau-pelabuhan-merak-jokowi-imbau-calon-pemudik-pesan-e-ticket-dan-jelaskan-penambahan-dermaga
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (11/4/2023) mengimbau calon pemudik yang berencana menyeberang melalui Pelabuhan Merak untuk memesan tiket elektronik (e-ticket). (Sumber: Kompas.com/Rasyid Ridho)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau calon pemudik yang berencana menyeberang melalui Pelabuhan Merak untuk memesan tiket elektronik (e-ticket).

Menurutnya, jika berkaca pada musim mudik lebaran tahun 2022, banyaknya penumpang yang belum memiliki tiket elektronik (e-ticket) menyebabkan masalah di Pelabuhan Merak.

"Saya harapkan seluruh penumpang yang ingin naik di (Pelabuhan) Merak sudah memesan tiket e-ticketing, karena tahun yang lalu, ini sangat mengganggu yang tidak megang tiket," ucapnya saat meninjau Pelabuhan Merak, Selasa (11/4/2023), dikutip Kompas.com.

Semua calon penumpang, lanjut Jokowi, harus sudah memegang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menjelaskan adanya penambahan dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) dan Pelabuhan Ciwandan.

Baca Juga: Pulang ke Solo, Jokowi Bagi-bagi THR Ditemani Jan Ethes

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2023.

Menurutnya, kedua pelabuhan itu merupakan pelabuhan alternatif penyeberangan Jawa-Sumatera di samping Pelabuhan Merak.

"Sudah ada penambahan pelabuhan dermaga yaitu di Pelabuhan BBJ dan Pelabuhan Ciwandan, ini bagus," kata Jokowi.

Dengan adanya penambahan dermaga di dua pelabuhan tersebut, diharapkan dapat menambah kapasitas penumpang dari 34.000 orang menjadi 49.000 orang.

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Siap Hadapi Lonjakan Pemudik

Menurut dia, hal ini penting karena pemerintah memperkirakan jumlah pemudik tahun ini juga bertambah menjadi 123 juta dari 86 juta pemudik pada tahun lalu.

Jokowi juga menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan pelabuhan tertentu yang dikhususkan untuk kendaraan berat, kendaraan bermotor, serta kendaraan kecil dan bus.

"Saya kira secara manjemen sangat baik, tetapi sekali lagi, nanti kita lihat jalannya manajemen itu di lapangan seperti apa," kata Jokowi.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x