Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Capres LSI: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar Turun Signifikan, Anies Stabil

Kompas.tv - 9 April 2023, 18:49 WIB
survei-capres-lsi-elektabilitas-prabowo-menguat-ganjar-turun-signifikan-anies-stabil
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei capres yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) selama 31 Maret - 4 April 2023 menghasilkan tiga nama besar, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi 19 nama, Ganjar menduduki peringkat pertama dengan tingkat elektabilitas 19,8 persen, disusul Prabowo (19,3 persen), dan Anies (18,4 persen).

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki peringkat keempat dengan 5,8 persen, kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (2,9 persen), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (2,7 persen), Menkopolhukam Mahfud MD (2,3 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (2,1 persen).

Baca Juga: Soal Transaksi Janggal Rp349 T, Survei LSI: 63,3 Persen Publik Lebih Percaya Mahfud MD daripada DPR

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mencatat elektabilitas sebesar 2,0 persen, disusul Ketua DPR Puan Maharani (1,4 persen), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (0,9 persen).

Pada tren pilihan presiden simulasi 19 nama, elektabilitas Ganjar mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Sementara Prabowo dan Anies, kalau nggak mengalami penguatan, itu cenderung stabil,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers, Minggu (9/4/2023).

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo lebih unggul ketimbang Anies dan Ganjar. Elektabilitas Prabowo tercatat sebesar 30,3 persen, Ganjar 26,9 persen, dan Anies 25,3 persen.

“Untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir saya kira, Prabowo Subianto menjadi nomor satu. Meski belum terlalu signifikan unggulnya,” ujar Djayadi.

Pada tren pilihan presiden simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar juga mengalami penurunan yang signifikan. Sementara elektabilitas Prabowo meningkat dan Anies cukup stabil.

Baca Juga: Panglima TNI Ogah Kerahkan Kekuatan untuk Bebaskan Pilot Susi Air: Tetap dengan Cara Persuasif

Djayadi menduga penurunan tersebut terjadi karena suara pemilih Ganjar beralih ke Prabowo atau tidak menjawab dalam survei.

“Terjadi penurunan signifikan dan tampaknya ada perpindahan suara dari Ganjar ke Prabowo, sedikit ke Anies.”

Sebagai informasi, survei LSI terbaru dilakukan dalam kurun waktu 31 Maret - 4 April 2023 dan diikuti oleh 1.229 responden. Responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x