Kompas TV nasional peristiwa

Ayah David: Anak Saya seperti Orang Meninggal tapi Masih Bernapas

Kompas.tv - 4 April 2023, 05:15 WIB
ayah-david-anak-saya-seperti-orang-meninggal-tapi-masih-bernapas
Kondisi terbaru David Ozora korban penganiayaan Mario Dandy cs kini mulai disuapi dan bisa mencari posisi tidur sendiri, Sabtu (18/3/2023). (Sumber: Twitter Jonathan Latumahina)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ayah David Ozora korban penganiayaan, Jonathan Latumahina, mengatakan kondisi anaknya seperti orang meninggal tapi masih bernapas saat tiba di Rumah Sakit Medika Permata Hijau setelah kejadian pada Februari 2023.

Jonathan menerangkan keterangan ini berdasarkam skala tingkat kesadaran (glasgow coma scale/GCS). Perlu diketahui untuk orang normal memiliki skala 15, sedangkan untuk David masuk pada skala tiga.

"Artinya seperti orang meninggal tapi masih bernapas, karena ketika disenter matanya tidak ada respons sama sekali," kata Jonathan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (3/4/23) dikutip dari Antara.

"Skala ini parameternya ada tiga yakni penglihatan, respons pendengaran, dan respon gerak. Nah David terhitung tiga, artinya masing-masing satu," terangnya.

Kemudian mengenai perawatan, tim dokter Rumah Sakit Mayapada melakukan banyak tindakan seperti operasi trakeostomi hingga membuat lubang di tenggorokan lantaran diffuse axonal injury tahap kedua bisa pulih ketika oksigen bisa sampai ke otak.

Baca Juga: Detik-Detik Terdakwa AG Pacar Mario Dandy Tiba di PN Jaksel, Jalani Sidang Putusan Sela

Hingga kini pada hari ke-43, David sudah mengalami banyak terapi dan kesehatannya mengalami kemajuan dalam kuantitatif dalam artian seperti bisa makan minum hingga membuang kotoran.

Selain itu, Jonathan berharap anaknya bisa lebih responsif seperti bisa senyum hingga menangis agar kesadaran kualitatifnya juga pulih.

"Kondisi David saat ini terbagi menjadi dua terapi yakni kesadaran kualitatif kognitif terkait otak bekerja dan kesadaran kuantitatif motorik untuk menangani saraf," tambahnya.

Terlebih, David juga masih belum bisa bersekolah dalam batas waktu yang belum ditentukan mengingat kondisinya masih menjalani terapi secara ketat.

"Terkait penilaian, dokter menyampaikan butuh enam bulan sampai setahun untuk waktu penyembuhan anak kami," tambahnya.

Sementara itu, kuasa hukum keluarga David, Mellisa Anggraini, berharap tersangka Mario dan Shane bisa segera muncul dalam proses persidangan untuk membuktikan seperti apa penganiayaan yang dialami kliennya.

"Kalau kita melihat orang tua MDS menangis pada waktu memberikan keterangan kepada media, kami tidak melihat itu sebanding dengan apa yang dialami dengan anak korban," ujar Mellisa.

Baca Juga: Pengacara David: Besok Mario Dandy Bakal Bersaksi di Sidang Terdakwa AG


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x