Kompas TV nasional agama

Masjid Raya Al Jabbar Dibuka 1 Ramadan 2023, Persiapan Salat Tarawih Perdana Dilakukan

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 17:23 WIB
masjid-raya-al-jabbar-dibuka-1-ramadan-2023-persiapan-salat-tarawih-perdana-dilakukan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama jajaran terkait melakukan inspeksi Masjid Al Jabbar, di Jalan Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (20/3/2023). (Sumber: TribunJabar/Gani Kurniawan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

BANDUNG, KOMPAS.TV - Persiapan salat tarawih perdana terlihat di sejumlah sudut Masjid Raya Al Jabbar, Bandung, Jawa Barat. Rencananya, masjid ini akan dibuka tepat pada tanggal 1 Ramadan 1444 H/2023.

Menurut pantauan jurnalis Kompas TV, Ninda Destiani, persiapan pelaksanaan salat tarawih di Masjid Raya Al Jabbar sudah terlihat sore hari ini, Rabu (22/3/2023).

Sudut-sudut dari masjid yang sempat ditutup beberapa waktu lalu ini sudah terlihat bersih, termasuk toilet, tempat wudu, hingga halaman depan. Petugas kebersihan juga masih membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner.

Baca Juga: Penentuan Awal Puasa Ramadan 2023, BMKG: Terbenam Matahari Paling Awal 17.47 WIT di Papua

Selain itu, tim Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) juga terlihat melakukan persiapan salat tarawih.

Terkait pejabat atau tokoh yang akan melangsungkan salat tarawih di Masjid Raya Al Jabbar, Kompas TV belum mendapatkan informasi lebih lanjut.

Lantas, kapan salat tarawih perdana digelar di Masjid Raya Al Jabbar?

Masjid Raya Al Jabbar akan dibuka pada 1 Ramadan 1444 H. Penentuan 1 Ramadan 1444 H akan diumumkan malam hari nanti, setelah sidang isbat dilakukan. 

Saat ini, sejumlah titik di berbagai daerah di Indonesia tengah mempersiapkan pemantauan hilal. Hasil pemantauan itu nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan awal Ramadan 2023 di sidang isbat.

Baca Juga: Pengamatan Hilal di Observatorium Bosscha ITB: 3 Teleskop Disiapkan, Langit Terlihat Cerah

Meski 1 Ramadan 1444 H belum ditentukan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengumumkan bahwa pelaksanaan salat tarawih perdana di Masjid Raya Al Jabbar akan dilakukan pada malam ini, Rabu (22/3).

Insyaallah besok Rabu malam saat tarawih pertama Ramadan, Masjid Raya mulai dibuka untuk umum,” tulis Ridwan Kamil di Instagram, Selasa (21/3).


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x