Kompas TV nasional sosok

Sosok Istri Moeldoko, Almarhumah Koesni Harningsih, Suksesnya Tugas TNI Lewat Dharma Pertiwi

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 12:43 WIB
sosok-istri-moeldoko-almarhumah-koesni-harningsih-suksesnya-tugas-tni-lewat-dharma-pertiwi
Ucapan belasungkawa terhadap istri Moeldoko, Koesni Harningsih oleh TNI, Minggu (12/3/2023). (Sumber: Instagram/TNI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar duka masih menyelimuti keluarga besar Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Pada hari Minggu, 12 Maret 2023, istri Moeldoko, Koesni Harningsih meninggal dunia pada pukul 04.49 WIB di Tumah Sakit (RS) Pusat Angkatan Darat.

Berpulangnya Koesni Harningsih, membawa kenangan bagi keluarga besar TNI AD dan Dharma Pertiwi.

Koesni  lahir pada tahun 1960 dan menikah dengan Moeldoko pada tahun 1985. Mereka dikaruniai dua anak, yakni Randy Bimantara dan Joanina Rachma. Selain sebagai istri dari seorang pejabat tinggi negara, Koesni Harningsih juga memiliki karir dan pengabdian yang luar biasa.

Baca Juga: Istri KSP Moeldoko Dimakamkan Secara Militer di TMP Bahagia Tangsel

Pada periode 4 Juni 2013-8 Juni 2015, Koesni Harningsih menjabat sebagai Ketua Umum Dharma Pertiwi. Hal ini diinformasikan oleh akun Instagram resmi Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Puspen TNI), @puspentni.

Koesni Harningsih menerima tugas dan tanggung jawab tersebut dari Tetty Agus Suhartono pada tahun 2013 silam. Pada saat itu, Koesni Harningsih menyadari bahwa tugas yang diemban Dharma Pertiwi dalam ikut berpartisipasi menciptakan kondisi masyarakat dan keluarga besar TNI yang harmonis tidaklah mudah.

Istri Moeldoko itu berharap kepada seluruh pengurus organisasi Dharma Pertiwi untuk bisa bersama-sama berupaya lebih giat lagi. Pada tahun 2015, Koesni Harningsih memberikan tugas dan tanggung jawab Ketua Umum Dharma Pertiwi kepada Nenny Gatot Nurmantyo.

Dalam laman Dharma Pertiwi, hal ini merupakan salah satu rangkaian serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Jenderal TNI Moeldoko kepada Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Acara serah terima jabatan tersebut berlangsung di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada tanggal 14 Juli 2015 silam. 


 

Koesni Harningsih menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dalam hidup, semua pangkat atau jabatan yang diamanahkan bukanlah sesuatu yang kebetulan.

Baca Juga: Suara Bergetar Moeldoko saat Kenang Sang Istri, Koesni Harningsih

Ia selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik, agar organisasi Dharma Pertiwi mampu memberikan dukungan secara maksimal kepada suaminya, demi suksesnya peran dan tugas pokok TNI.

"Kami selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik, agar organisasi Dharma Pertiwi mampu memberikan dukungan secara maksimal kepada suami, demi suksesnya peran dan tugas pokok TNI," ujar Koesni Harningsih, Selasa (14/7/2015) silam.

 Koesni Harningsih dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bahagia, Tangerang Selatan secara militer yang dipimpin oleh Kepala Pemakaman Garnisun 1 Jakarta, Letkol Sony Adi.

"Atas nama keluarga saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Panglima, Pangdam Jaya, yang telah menyelenggarakan upacara militer untuk istri saya," ucap Moeldoko di TMP Bahagia, Minggu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x