Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Anggota Komisi IV DPR Saat Hadiri Diskusi Orang Utan yang Berusaha Dibubarkan

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 18:54 WIB
cerita-anggota-komisi-iv-dpr-saat-hadiri-diskusi-orang-utan-yang-berusaha-dibubarkan
Orang tak dikenal yang mengenakan kemeja lengan panjang warna hitam diduga melakukan intimidasi saat diskusi soal orang utan di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (10/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar dari dokumen pribadi Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan menceritakan kala dirinya menghadiri agenda diskusi terkait orang utan di Tebet, Jakarta Selatan, mendapatkan gangguan dari sejumlah oknum untuk membubarkan acara tersebut.

Baca Juga: Orang Utan yang Dievakuasi Warga di Kabupaten Karo Mati

Politikus PKB itu menjelaskan, ancaman itu terjadi di tengah-tengah diskusi yang berlangsung pada Kamis (9/3/2023) pagi. 

Awalnya, ia mengira aksi dari sejumlah oknum tersebut merupakan rangkaian dari acara yang sengaja digelar oleh panitia diskusi.

Namun tak lama setelah mengamatinya, ia menyadari kejadian itu sebagai bentuk intimidasi.

"Awalnya saya pikir bagian dari kreativitas panitia sebagai performing art. Tapi setelah saya tanya panitia, ternyata itu beneran sebagai tindakan intimidasi sepihak. Yang sampai berakhirnya acara, tidak jelas itu dari mana," kata Daniel saat dihubungi Kompas TV, Jumat (10/3/2023).

Setelah melakukan intimidasi kepada peserta diskusi, orang yang tak diketahui identitasnya tersebut bisa diredamkan oleh pihak panitia.

Kemudian, yang bersangkutan pun diusir dari lokasi acara. Lalu, diskusi pun kembali dilanjutkan dan tak ada lagi intimidasi yang terjadi di kegiatan tersebut. 

"Tidak bubar, acara akhirnya tetap berlangsung. Tapi semua tetap di tempat, kelihatan bingung saja."

"Terjadi argumen dengan panitia dan akhirnya panitia berhasil menggiring ke bawah orang-orang tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Hutan Dilanda Banjir, Orang Utan Berkeliaran di Jembatan Layang Kotawaringin

Diskusi tersebut dihelat oleh Organisasi Satya Bumi, Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia (SIEJ), dan sejumlah organisasi sosial masyarakat.

Acara diskusi bertajuk Masa Depan Orang Utan Tapanuli dan Ekosistem Batang Toru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x