Kompas TV nasional agama

Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadan 2023, Dilengkapi Tata Cara Lengkap dan Waktu Terbaik

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 05:10 WIB
doa-ziarah-kubur-jelang-ramadan-2023-dilengkapi-tata-cara-lengkap-dan-waktu-terbaik
Ilustrasi Warga melakukan ziarah kubur di tempat pemakaman umum (TPU) Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Di bawah ini merupakan bacaan doa ziarah kubur yang bisa anda panjatkan jelang Ramadan (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa ziarah kubur jelang Ramadan 2023 yang bakal datang tak lama lagi. Ziarah kubur ini merupakan tradisi yang biasa dilanggengkan oleh umat Islam di Indonesia. 

Adapun dalil ziarah kubur ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW.

Dari Anas bin Malik ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Aku dulu pernah melarang berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah, karena sesungguhnya ia dapat mengingatkan kalian akan kematian.” (HR. Ahmad dan al Hakim).

Ketika ziarah kubur, umat Islam dianjurkan memperbanyak zikir dan doa.

Saat ini, jelang puasa Ramadan 2023 hari Jumat merupakan waktu yang tepat untuk ziarah ke makam orang-orang tercinta yang telah tiada maupun ke pusara ulama-ulama.

Baca Juga: Prediksi BRIN Awal Ramadan 2023 Bisa Serentak tapi Lebaran Berbeda, Ini Penjelasannya

Tata Cara Ziarah Kubur

Adapun cara ziarah kubur jelang puasa Ramadan seperti halnya ziarah kubur pada umumnya. Ada beberapa zikir dan bacaaan yang bisa dibaca saat ziarah kubur.

Berikut tata cara dan amalan ziarah kubur:

  • Membaca istighfar tiga kali.
  • Membaca surat al-Fatihah.
  • Membaca surat al-Ikhlas tiga kali.
  • Membaca surat al-Falaq.
  • Membaca surat an-Nas.
  • Melafalkan kalimat tahlil tiga puluh tiga kali.
  • Membaca doa.

Baca Juga: Sidang Isbat Kemenag Penentuan Awal Puasa Ramadan 2023 Digelar 22 Maret, Ini Tahapannya

 

Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur ke makam orang tua (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Allahummaghfirlahu war hamhu wa ‘aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’ madholahu, waghsilhu bil maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.  Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.

Artinya: Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya.

Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya.

Masukkanlah dia ke dalam surga, lindungilah dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya. (HR. Muslim).

Semoga amalan jelang puasa Ramadan 2023 dapat memberi barakah buat kita menyambut bulan suci dan mendoakan orang-orang terbaik dalam hidup kita. Amin. Wallahu a'lam. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x