Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Kans Erick Thohir sebagai Cawapres Menguat

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 06:40 WIB
pengamat-kans-erick-thohir-sebagai-cawapres-menguat
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbicara dalam konferensi pers mengenai keputusan bersama sarasehan sepak bola, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik menilai kapabilitas kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir jadi faktor utama yang bisa menjadikan calon wakil presiden (Cawapres) di Pilpres 2024.

Peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menilai tiket Cawapres Erick kemungkinan besar datang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebagai informasi, para kader PAN diketahui mendukung Erick menjadi Cawapres.

"Saya pikir (kans Erick sebagai capwapres menguat) lebih pada kapabilitas kepemimpinan," kata Wasisto, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (5/3/2023) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Erick Thohir Usai Sarasehan PSSI: Mendengarkan Suporter itu Perlu Nyali

Menurutnya, jika dilihat dari rekam jejaknya selama memimpin Kementerian BUMN, Erick Thohir terbukti mampu mencatatkan prestasi gemilang. 

Ia juga berpendapat Erick menjadi pemimpin pilihan PAN karena berhasil menunjukkan keberpihakan terhadap milenial melalui sejumlah kebijakan yang makin membuat kompetensi milenial berkembang.

Berikutnya, Wasisto menyebutkan keterpilihan Erick sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Erick Thohir.

"Mungkin, usia Pak Erick juga lekat dengan dunia olahraga. Itu sepertinya yang menjadi faktor penarik," tambah dia.

Hal-hal tersebut menjadi keunggulan Erick yang mampu dibaca oleh PAN sehingga partai itu konsisten memberikan dukungan kepada Erick untuk maju sebagai cawapres pada Pilpres mendatang.

Baca Juga: Ungkap Pembaruan di Musim Depan, Erick Thohir: Manajemen Liga 1 dan 2 Bakal Terpisah


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x