Kompas TV nasional peristiwa

Update Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, KSAD: 42 Korban Luka Dirawat di Empat Rumah Sakit

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 23:57 WIB
update-korban-kebakaran-depo-pertamina-plumpang-ksad-42-korban-luka-dirawat-di-empat-rumah-sakit
Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjelaskan data korban sementara dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 42 korban luka akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Korban luka-luka mendapat perawatan di empat rumah sakit terdekat dari lokasi kebakaran. Keempat rumah sakit itu yakni di RS Pelabuhan, RSUD Tugu, RSUD Koja, dan RS Mulyasari.

Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjelaskan, berdasarkan data sementara, terdapat 14 orang dewasa meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Kemudian ada 42 korban luka-luka yang mendapat perawatan di empat rumah sakit.

Baca Juga: Ini Cerita Warga Sekitar yang Menyaksikan Detik-Detik Kebakaran Petamina Plumpang!

Jenderal Dudung menjelaskan, lima korban luka-luka mendapat perawatan di RS Pelabuhan Jakarta. Sementara sebanyak 11 korban luka-luka ditangani di RSUD Tugu.

"Kemudian 15 korban di RS Mulyasari dan 11 korban di RSUD Koja," ujar Dudung di Posko Koramil 01/Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023).

Dudung menjelaskan, saat ini tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD DKI dan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta masih terus mengevakuasi warga dan korban dari lokasi kebakaran. 

"Tadi saya ke tempat lokasi dan di lokasi masih diadakan pencarian, kita doakan semoga bisa diselesaikan. Situasi di sana sudah dipadamkan sehingga media belum bisa masuk karena masih terisolir," ujar Dudung.

Baca Juga: Area Manager Pertamina: Kebakaran Depo Plumpang Terjadi di Pipa Penerimaan BBM

Adapun korban meninggal dunia dan luka-luka kebanyakan warga di dekat Depo Pertamina Plumpang. Hal ini dikarenakan api merambat ke pemukiman warga yang padat.

Sebanyak 180 personel pemadam kebakaran dan 36 unit mobil pemadam yang dikerahkan untuk memadamkan api. 

Kebakaran terjadi pada pukul 20.20 WIB, Jumat (3/3/2023). Daerah yang terdampak diperkirakan mencapai 1,5 hektare. 

Terpisah, Area Manager Communication, Relation, and CSR Pertamina Jawa Barian Barat, Eko Kristiawan menjelaskan, insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi di pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang.


 

Saat ini, sambung Eko, penanggulangan dan evakuasi pekerja maupun warga sekitar lokasi kebakaran sedang dilakukan oleh petugas gabungan.

"Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat berupaya maksimal dalam penanggulangan insiden yang terjadi," ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/3/2023).
 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x