Kompas TV nasional hukum

KPK Pantau Fenomena Ramai-Ramai Jual Harley-Davidson Setelah Menkeu Ultimatum Hidup Mewah Pegawai

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 22:02 WIB
kpk-pantau-fenomena-ramai-ramai-jual-harley-davidson-setelah-menkeu-ultimatum-hidup-mewah-pegawai
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan saat konfrensi pers di gedung Merah Putih KPK, Rabu (1/3/2023). (Sumber: YouTube KPK)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyisir sejumlah nama yang menjual Harley-Davidson setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani membubarkan Belasting Rijder, komunitas motor gede atau moge yang berisi sejumlah pejabat Kemenkeu.

Pasca-Menkeu meminta pegawai Kemenkeu tidak mengumbar gaya hidup mewah, penjualan motor Harley-Davidson bekas pakai meningkat di marketplace.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menjelaskan, pihaknya telah mengamati fenomena jual masal motor gede setelah Menkeu Sri Mulyani menyoroti gaya hidup mewah.

Menurut Pahala, KPK telah mendapat sejumlah nama pemilik Harley-Davidson. Nantinya nama yang didapat KPK dikirim ke Inspektorat Jenderal Kemenkeu untuk dicocokkan, apakah nama tersebut ada pegawai di lingkungan Kemenkeu.

Baca Juga: KPK Ungkap Rafael Alun Punya Saham di 6 Perusahaan, Namun Tak Tercantum di LHKPN!

"Sore ini kita bawa ke Irjen Kemenkeu untuk dicarikan ada enggak, ada enggak nama pegawainya," ujar Pahala saat konfrensi pers di gedung Merah Putih KPK, Rabu (1/3/2023).

Pahala menambahkan selain berkoordinasi dengan Kemenkeu, pihaknya juga bekerja sama dengan pihak Korlantas Polri untuk menelusuri nama dan alamat pemilik kendaraan yang ada di STNK dan BPKB.

"Oleh karena itu, sebelum kita cari ke sana, kan kita cari dulu yang paling sederhana, nama BPKB," ujar Pahala.

Adapun kebijakan Menkeu Sri Mulyani yang melarang para pegawai di lingkungan Kemenkeu setelah salah satu pejabat Dirjen Pajak Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan.

Baca Juga: Anak Buah Ada yang Pamer Moge, Sri Mulyani: Kalau Mau Rileks, Jalan Kaki Sama Saya Muter Senayan

Nama Rafael Alun Trisambodo mencuat setelah anaknya Mario Dandy Satrio (20) menjadi pelaku penganiayaan David Ozora (17).

Setelah kasus penganiayaan, publik menyoroti gaya Mario kerap memamerkan hidup mewah di media sosialnya yang menyasar kepada ayahnya Rafael.

Harta kekayaan Rafael pun menjadi sorotoan. Dalam data LHKPN di situs resmi KPK, ia tercatat memiliki kekayaan Rp56,1 miliar.

Kekayaan itu dinilai tidak sesuai dengan profil Rafael Alun Trisambodo yang hanya merupakan aparatur sipil negara (ASN) eselon III. 

Baca Juga: Sri Mulyani Minta Klub Moge DJP Dibubarkan Hingga Dirjen Pajak Jelaskan Sumber Harta

Di sisi lain, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan transaksi tak wajar Rafael Alun Trisambodo pada tahun 2012. 

Rafael Alun Trisambodo diduga memerintahkan orang lain untuk membuka rekening dan melakukan transaksi. Tindakannya disebut sebagai indikasi pencucian uang.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x