Kompas TV nasional politik

Isu Reshuffle Menguat Lagi, Pengamat Prediksi 8 Maret Sebelum Puasa Ramadan

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 14:40 WIB
isu-reshuffle-menguat-lagi-pengamat-prediksi-8-maret-sebelum-puasa-ramadan
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin akan hadiri puncak resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo hari ini, Selasa (7/2/2023). Reshuflle diyakini terjadi Rabu pon ini (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi bakal benar-benar melakukan perombakan kabinet atau reshuffle para menterinya di Kabinet Indonesia Maju pada pada Rabu pon di bulan Maret 2023 ini. 

Prediksi itu diungkapkan Ari Nurcahyo dari PARA Syndicate yang menyebut Jokowi bakal reshuflle pada Rabu pon sesuai kebiasaan, tapi kali ini kondisinya sudah mendesak. 

Tanggalnya, menurut Ari, diprediksi tanggal 8 Maret 2023 atau Rabu pon sebelum Ramadan 2023 atau jika tidak terjadi, maka Rabu pon pada 12 April mendatang. 

Ari lantas menyebut, sebelum bulan Ramadan ini akan terjadi peristiwa politik besar menentukan konfigurasi politik, koalisi reshuffle dan persiapan menuju pilpres.

"Biasanya, Jokowi lakukan reshuffle di Rabu Pon, itu tanggal baik Jokowi. Tanggal 8 maret dan 12 April tanggalnya Rabu pon. Ini soal timing saja kapan reshuffle," terangnya, Rabu (1/3/2023) diikuti dari diskusi Maret: Bulan Reshuflle dan Koalisi Menuju Pilpres diikuti secara daring. 

"Kami percaya,  meyakini dalam waktu dekat ini dilakukan Jokowi," tambah Ari.

Baca Juga: Tak Jadi Reshuflle, Jokowi ke Bali Temui Pedagang hingga Resmikan Proyek Infrastruktur

Ari lantas menunjukkan sejumlah keyakinan reshuflle bakal dilakukan Jokowi. 

"Pertama, ini konsolidasi pemerintahan dalam sisa sampai waktu Jokowi di pemerintahan Oktober 2024, konsolidasi diperlukan memastikan semua program terlaksana," jelasnya. 

Salah satunya, katanya, termasuk program prioritas Ibu Kota Nusantara. 


 

"Kedua, konsolidasi presiden, siapa yang berlaga di 2024, memastikan segala program disiapkan pemerintah tidak kandas dan mangrak," jelasnya. 

Ini persoalan jadi penting, bagaimana konsolidasi pemerintahan reshuflle kabinet itu berimbas konsolidasi persiapan di 2024. 

"Ini mendesak presiden. Perkiraan kami, kemungkinan 8 maret atau 12 april ini," jelasnya. 

Baca Juga: Ma'ruf Amin Bicara Potensi Jokowi Lakukan Reshuffle Usai Zainudin Amali Mundur dari Menpora

Adapun pada Februari 2023 lalu, Rabu pon juga disebut-sebut bakal digunakan Jokowi untuk Reshuflle, namun urung terjadi. 

Beberapa nama disebut-sebut bakal diganti, mulai dari Menpora Zainudin Amali yang mundur imbas terpilih jadi Waketum PSSI. 

Selain nama itu, sejumlah menteri dari Partai Nasdem dikabarkan juga bakal diganti, imbas pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal capres.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x