Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar dan Erick Masuk Kandidat di Pilpres 2024 yang Akan Diusung PAN, tapi Keputusannya di KIB

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 18:16 WIB
ganjar-dan-erick-masuk-kandidat-di-pilpres-2024-yang-akan-diusung-pan-tapi-keputusannya-di-kib
Viva Yoga Mauladi dalam dialog Kompas Petang, Senin (27/2/2023) menyebut Ganjar dan Erick adalah salah satu kandidat pasangan calon presiden wakil presiden yang akan diusung oleh PAN. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk sebagai salah satu kandidat pasangan bakal calon presiden wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi pada dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Senin (27/2/2023).

Viva Yoga mengatakan, hal  itu sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional PAN tahun 2022.

“Mas Ganjar dan Mas Erick itu adalah sesuai dengan hasil Rakernas PAN Tahun 2022 masuk sebagai salah satu bakal kandidat yang akan diusung oleh Partai Amanat Nasional,” katanya.

Tapi, lanjut dia, karena tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri, PAN kemudian berkoalisi dengan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Jadi, koalisi ini memiliki kesamaan platform dan cita-cita untuk Indonesia baru, dan sampai sekarang masih tetap solid,” tuturnya.

Baca Juga: Zulhas Sebut Ganjar saat Berpantun, Wasekjen PDIP: Jangan Main Serobot, Dia Masih Kader Kami

Meski nama Ganjar dan Erick merupakan salah satu kandidat pasangan calon yang akan diusung oleh PAN, ia menyebut, PAN tidak bisa lepas dari KIB dalam memutuskan pasangan yang akan diusung nanti.

“Partai Amanat Nasional dalam mengambil keputusan pasangan calon, tidak bisa lepas dari Koalisi Indonesia Baru. Sekarang ini Partai Amanat Nasional, Golkar dan PPP masing-masing telah menggodok pasangan calon yang akan diusung,” katanya.

Mekanisme pengusungan pasangan calon dalam KIB, menurut dia, adalah mengusulkan pasangan calon yang akan diusung oleh masing-masing partai politik dalam rapat KIB.

“Mekanismenya adalah, masing-masing anggota KIB akan mengusulkan dalam rapat KIB siapa pasangan calon yang akan diusung," katanya.

“Nanti pada waktunya, KIB akan menetapkan, memutuskan pasangan calon di pemilu presiden, siapa yang akan diusung,” tegasnya.

Syarat pasangan yang akan diusung antara lain; memiliki integritas pribadi, punya visi nasionalisme dan cinta Indonesia.

Lalu yang ketiga menjalankan platform dan rencana program akselerasi tranformasi ekonomi nasional selama 10 tahun.

Sebelumnya diberitakan, dalam sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Jawa Tengah, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membacakan sebuah pantun yang menyebut nama Ganjar dan Erick.

Baca Juga: Ketum PAN Berpantun Sebut Nama Ganjar dan Erick, Politikus Golkar: Kami Saling Menghormati

Dalam pantun itu, Zulhas, sapaan akrabnya menyebut bila Ganjar dan Erick bersama, Indonesia akan bertambah jaya.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insyaallah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas di Semarang, Minggu (26/2/2023).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x