Kompas TV nasional peristiwa

Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat Lion Air di Kupang Berawal dari Dugaan Ponsel Meledak di Kabin

Kompas.tv - 26 Februari 2023, 15:36 WIB
penumpang-buka-pintu-darurat-pesawat-lion-air-di-kupang-berawal-dari-dugaan-ponsel-meledak-di-kabin
Ilustrasi pesawat Lion Air. (Sumber: ANTARA/Tin)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

KUPANG, KOMPAS.TV - Seorang penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-693 rute Kupang-Surabaya membuka pintu darurat yang menyebabkan penerbangan tersebut ditunda, Minggu (26/2/2023).

Penumpang tersebut membuka pintu darurat usai alarm pendeteksi asap berbunyi. Humas Bandara El Tari Kupang Devi Budihandayani mengatakan dugaan sementara terdapat ponsel penumpang yang mengeluarkan asap.

"Handphone-nya mengeluarkan asap saat dia simpan di dalam saku," kata Devi sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca Juga: Asap dari Ponsel yang Diduga Meledak dalam Pesawat Lion Air Rute Kupang-Surabaya Mulai Diselidiki

Penumpang yang panik tersebut kemudian melemparkan ponselnya ke lantai lorong kabin pesawat sehingga alarm pendeteksi berbunyi.

"Mendengar alarm berbunyi, spontan salah satu penumpang membuka pintu darurat, " ungkap dia.

Keterangan yang dihimpun Tribun Kupang menyatakan pemilik ponsel adalah seorang penumpang yang duduk di kursi nomor 9D. Ponsel milik mahasiswa tersebut tetiba terasa panas dan ia melemparkannya ke lantai kabin.

Ponsel tersebut kemudian mengeluarkan asap dan sempat diinjak untuk coba dimatikan. Namun, ponsel itu malah membakar karpet pesawat.

Baca Juga: Penumpang Buka Pintu Darurat, Pesawat Lion Air di Kupang Batal Terbang ke Surabaya Pagi Ini

Insiden tersebut mengakibatkan tangan pemilik ponsel melepuh. Selain itu otoritas juga menunda penerbangan pesawat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan tim investigasi yang terdiri dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air tengah melakukan penyelidikan termasuk kejadian tersebut.

"Saat ini ponsel tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan," kata dia.

Ia mengatakan pengecekan pesawat dan investigasi tak bisa dilakukan secara cepat dan instan. Kejadian tersebut juga berdampak pada tertundanya pesawat penerbangan Kupang-Surabaya serta Surabaya-Jakarta.



Sumber : Tribun Kupang


BERITA LAINNYA



Close Ads x