Kompas TV nasional update

Update Kondisi David Korban Penganiayaan Anak Pejabat Pajak, Ada Dua Respons Tubuh

Kompas.tv - 26 Februari 2023, 09:09 WIB
update-kondisi-david-korban-penganiayaan-anak-pejabat-pajak-ada-dua-respons-tubuh
Kondisi David di ruang ICU RS Mayapada, Kuningan, Jakarta saat dikunjungi Menteri Agama RI sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (23/2/2023).  (Sumber: Instagram Menag Yaqut)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara keluarga David Ozora yang menjadi korban penganiayaan anak pejabat pajak, Rustam Hattala, mengungkapkan kondisi terbaru korban.

Ia menerangkan, setidaknya ada dua respons tubuh David yang masih dirawat di ruang ICU Rumah Sakit (RS) Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, yakni membuka mata dan menggerakkan kaki.

"Jadi tadi sih katanya mata sempat terbuka terus tertutup lagi, terus ada gerakan kaki," ungkapnya kepada wartawan di RS Mayapada, Jakarta dipantau dari program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Sabtu (25/2/2023).

Ia juga menerangkan kondisi David saat awal dilarikan ke RS Medika Permata Hijau usai dianiaya Mario Dandy Satrio yang merupakan anak pejabat Ditjen Pajak Rafael Trisambodo pada Senin (20/2) lalu.

"Dokter tidak menjelaskan secara detail ya, tapi waktu pertama kali di Rumah Sakit Medika Permata Hijau memang kondisinya cukup parah ya bagian kepala dan lain-lain, ada beberapa luka yang cukup parah," jelasnya.

Ia pun menerangkan, alasan David dipindahkan ke RS Mayapada agar mendapatkan penanganan yang lebih efektif.

Baca Juga: Sri Mulyani Prihatin dan Minta Maaf ke Orangtua David Korban Penganiayaan Anak Pejabat Pajak

Sebelumnya, Sabtu (25/2) pagi, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani menjenguk David didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut dia, dokter yang merawat David menyatakan bahwa keadaan laki-laki berusia 17 tahun itu lebih baik daripada hari pertama perawatan. 

"Kami melihat kondisi David, dan mendapat penjelasan dokter ICU mengenai perkembangan kesehatan David. Dokter menyampaikan keadaan David yang lebih baik dibanding hari pertama perawatan, yang memberikan harapan," jelasnya, Sabtu (25/2).

"Namun proses observasi perkembangan dan perawatan David masih panjang," imbuhnya.

Pada Jumat (24/2) pengacara David, M Syahwan Arey, mengungkapkan kondisi korban yang masih tak sadarkan diri di ruang ICU RS Mayapada, Kuningan, Jakarta.

"Sampai saat ini belum sadar, kami sangat khawatir, mudah-mudahan ada perkembangan," ujar Syahwan, Jumat (24/2) dilansir dari Tribunnews.

Baca Juga: 5 Fakta Diffuse Axonal Injury, Kondisi David Korban Penganiayaan Mario Dandy, si Anak Pejabat Pajak

Ia pun menjelaskan, David mengalami pembengkakan otak.

"Masih ada pembekakak otak, semoga tidak terlalu parah," ujarnya.

Sebelumnya, David menjadi korban kekerasan oleh Mario pada Selasa (20/2) malam di area sekitar rumah teman David berinisial R. Peristiwa penganiayaan tersebut direkam rekan Mario dalam sebuah video yang menjadi viral di media sosial.

Mario dan kawannya melakukan penganiayaan dengan menendang dan memukul kepala David hingga terkapar di jalan. Akibatnya, David pun mengalami koma dan tak sadarkan diri hingga hampir seminggu lamanya.


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x