Kompas TV nasional peristiwa

Rektor UII: Dosen yang Hilang Kontak Tipis Kemungkinan Ikut Organisasi Terlarang

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 15:57 WIB
rektor-uii-dosen-yang-hilang-kontak-tipis-kemungkinan-ikut-organisasi-terlarang
Info orang hilang SPKT Polda DIY tentang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama, Jumat (17/2/2023). (Sumber: Instagram Poldajogja)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Karakter dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama yang sempat diduga hilang sejak 12 Februari 2023 diungkapkan Rektor UII Fathul Wahid, Senin (20/2/2023).

Fathul mengatakan kecil kemungkinan Ahmad Munasir terlibat dalam organisasi terlarang. Rektor juga mengatakan visi dan misi dalam sosok Ahmad Munasir tak bertentangan dengan UII.

"Kami tidak melihat Mas Rafie (Ahmad Munasir) berafiliasi dengan lembaga yang visi misinya bertentangan dengan UII. Sehingga kami, kalau ada teori yang mengatakan terkait dengan gerakan-gerakan itu (organisasi terlarang) cenderung itu sangat-sangat kecil peluangnya," jelas Fathul di UII, Senin.

Pendapat Fathul, jelas dia, dapat dikuatkan dengan penilaian lain dari koleganya di UII. Ahmad Munasir, tutur Fathul, adalah seseorang yang memiliki kemampuan akademik di tingkat nasional hingga internasional.

Baca Juga: Polri Sebut Dosen UII Tidak Hilang saat Pulang dari Norwegia, tapi Ini yang Terjadi

"Meski kami belum punya informasi pasti yang memastikan teori itu. Tapi kemungkinan kecil dan ini dikuatkan oleh pendapat kawan di kampus," lanjut Fathul.

"Orangnya cerdas (Ahmad Munasir). Terbukti dari sekolahnya, karya-karyanya, keseriusannya bekerja," terang dia lagi.

Diberitakan Polri mengatakan Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak hilang saat pulang dari Norwegia.

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol Krishna Murti menjelaskan Ahmad Munasir mengubah rute kepulangan tanpa pemberitahuan.

Baca Juga: Dosen UII Hilang Terlacak Masuk Amerika Serikat Lewat Bandara Boston, Begini Kata Rektor

“Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang, tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun,” ujar Krisna di Jakarta, Senin (20/2/2023), dikutip Antara.

Meski demikian, Khrisna belum bisa memberikan informasi lanjut terkait alasan Ahmad mengubah rute, dan apa yang membuat perubahan rute tersebut.

Sebelumnya, UII telah meminta bantuan Interpol untuk melacak keberadaan dosennya yang dilaporkan hilang.

Ahmad dilaporkan hilang setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Baca Juga: Keberadaan Dosen UII Yogyakarta yang Hilang Kontak di Norwegia Masih Jadi Teka-Teki..!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x