Kompas TV nasional viral

Terungkap Identitas TNI Gadungan di Foto Studio Bersama Perempuan, Dipastikan Warga Sipil

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 08:16 WIB
terungkap-identitas-tni-gadungan-di-foto-studio-bersama-perempuan-dipastikan-warga-sipil
Unggahan foto diduga TNI gadungan viral di TikTok. Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah memastikan pria tersebut warga sipil. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan bahwa pria yang viral karena ajak seorang wanita foto studio itu merupakan TNI gadungan alias palsu.

Indan mengatakan, pria yang mengaku bernama Serda M Saepul D itu ternyata hanya masyarakat sipil, bukan prajurit TNI AU.

"Iya (masyarakat sipil), bukan anggota TNI AU. Untuk personel TNI AU tidak ada yang bernama Serda Saepul," ujar Indan, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah menemukan orangtua Saepul, namun, Saepul sendiri hingga kini masih belum ditemukan. 

"Nama sesuai identitas Maulana Saepul Dasuki. Domisili di Desa Nagrak, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung," ucapnya.

Baca Juga: Polisi Gadungan Ditangkap Saat Asik Nyabu

Maulana Saepul, TNI gadungan ini masih dicari

Hingga kini, Staf Intelijen (Sintel) dan Polisi Militer (POM) Lanud Sulaiman Bandung masih melakukan pencarian terhadap pria yang mengaku sebagai anggota TNI tersebut.

Indan pun mengimbau masyarakat untuk melapor jika mendapati adanya pihak-pihak mencurigakan yang mengaku dari TNI untuk melapor.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat apabila menemukan atau melihat ada perilaku mencurigakan dari yang mengaku TNI, khususnya TNI AU, agar melaporkan ke satuan TNI terdekat," tuturnya.

Baca Juga: Curanmor Bermodus Polisi Gadungan, Para Pelaku Ngaku Beli Seragam Lewat Media Sosial

Jadi TNI gadungan, Maulana Saepul Viral di TikTok

Baru-baru ini, viral sebuah unggahan di TikTok yang memperlihatkan seorang pria yang diduga TNI Gadungan berfoto bersama kekasihnya.

Pria yang bernama M. Saepul D itu ngaku-ngaku sebagai TNI AU yang bertugas di Lanud Ngurah Rai Bali. Ia mengenakan seragam dengan badge lokasi Lanud Sulaiman. 

Unggahan tersebut viral setelah pemilik akun TikTok @indrasukmana yang menunjukkan obrolan sejumlah TNI AU yang bertugas di Lanud Ngurah Rai dengan M Saepul D.

Dalam percakapan yang diunggah, sejumlah anggota TNI AU yang bertugas di Lanud Ngurah Rai tidak kenal dengan M Saepul D tersebut.


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x