Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Beberkan 5 Kriteria Cawapres, PKS: Kami Serahkan ke Beliau

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 18:36 WIB
anies-beberkan-5-kriteria-cawapres-pks-kami-serahkan-ke-beliau
Ilustrasi kandidat cawapres untuk berpasangan dengan Anies Baswedan yang dideklarasikan Partai Nasdem sebagai capres pada Pemilu 2024. (Sumber: KOMPAS.com/ANDIKA BAYU SETYAJI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan sepenuhnya kepada bakal capres Anies Baswedan ihwal pemilihan nama cawapresnya di Pilpres 2024 mendatang. 

"Jadi posisi PKS serahkan sepenuhnya Bacawapres ke Bacapres Anies," kata Juru Bicara DPP PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Rabu (15/2/2023). 

Baca Juga: Anies Beberkan 5 Kriteria Cawapres di Rekernas Partai Ummat

Ia menjelaskan, sejauh ini nama cawapres yang muncul di dalam pembahasan Nasdem, PKS dan Demokrat terdapat tiga sosok. 

Mereka adalah Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan atau Aher, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

"Ada Kang Aher, Mas AHY, Bu Khofifah, dan tidak menutup dari luar ketiga nama tersebut," ujarnya. 

Kholid menyebut mantan gubernur DKI Jakarta itu lebih memahami kriteria pendampingnya di pesta demokrasi nanti. 

"Tentu Mas Anies sebagai Bacapres yang lebih paham ya, karena 5 kriteria tersebut sangat baik dan sesuai dengan keinginan beliau dan Koalisi Perubahan. Siapa yang akan dipilih, nanti Mas Anies yang akan pilih," ujarnya.

Menurut dia, usulan bakal cawapres dari masing-masing partai akan dirundingkan

"Saat ini kita fokus proses peresmian koalisi terlebih dahulu. PKS dalam waktu dekat akan deklarasi resmi secara kepartaian, dan akan diikuti Demokrat, lalu nanti deklarasi bersama."

"Terkait Bacawapres nanti akan menyusul setelah itu. Tentu nanti Bacapres yang akan memilih kapan momentum dan timing yang paling tepat," katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan membeberkan lima kriteria pasangan yang akan dipilihnya pada bursa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024. 

Anies yang sudah didukung sebagai calon presiden pada perhelatan Pilpres 2024 oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Nasdem, tersebut, mengungkapkan kriterianya itu saat menghadiri agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat, Selasa (14/2/2023).

Anies mengatakan, pendampingnya harus memiliki elektoral dalam menyukseskan gelaran pesta demokrasi. 

Dirinya berharap calon wapresnya nanti bisa membantu memenangkan gelaran Pilpres. 

Baca Juga: Ketua Umum Partai Ummat Doakan Anies Baswedan Jadi Presiden di 2024

"Tiga (kriteria) yang pertama, teknokratik. Dua yang terkahir terkait arah kerja. Satu teknokratik, bahwa punya kontribusi siginifikan pada pemenang. Kedua, bisa memperkuat barisan koalisi untuk perubahan," kata Anies.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x