Kompas TV nasional peristiwa

Saksi Ungkap Pilot Susi Air Sudah Dibawa KKB Sebelum Pesawat Dibakar

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 14:12 WIB
saksi-ungkap-pilot-susi-air-sudah-dibawa-kkb-sebelum-pesawat-dibakar
Media internasional arus utama dunia hari Selasa, (7/2/2023) ramai memberitakan penculikan dan penyanderaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru oleh Kelompok Kriminal Bersenjata yang menamakan diri kelompok separatis Papua. (Sumber: Tribun Network)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Pilot pesawat Susi Air Philip Mark Merthens diduga sudah dibawa oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sebelum pesawat perintis dibakar. Keterangan itu diperoleh Kapolres Nduga AKBP Rio Aleksander Penelewen setelah pemeriksaan para saksi.

"Dari keterangan saksi, pilot sudah dibawa oleh anak buah Egianus saat pesawat dibakar," jelas Rio, Selasa (14/2/2023) dikutip dari Kompas.com.

Saksi-saksi yang dimintai keterangan oleh pihak kepolisian adalah penumpang pesawat dari Susi Air yang dibakar. Kapten Philip diketahui sudah tak ada di lokasi saat KKB melakukan pembakaran di Distik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan tersebut.

Hingga saat ini status dan lokasi Pilot Philip masih belum bisa dipastikan. Salah seorang saksi   mengatakan Egianus Kogoya ikut mendatangi pesawat saat KKB menuju ke pesawat perintis itu.

Baca Juga: Beredar Foto WNA Diduga Pilot Susi Air dengan KKB, Polisi: Itu Tidak Benar, Hoaks!

Meski demikian Rio menyatakan kondisi Pilot Philip masih aman dan dalam keadaan hidup pada Minggu (12/2).


 

"Kondisi pilot, dua hari yang lalu (12/2/2023) dia masih dalam keadaan hidup," ungkapnya.

Sementara Kapolda Papua Mathius D. Fakhiri mengatakan Kapten Philip masih berada di pihak KKB.

"Kapten Philip saat ini ada di tangan KKB," jelas Mathius.

Baca Juga: Danrem 172/PWY Brigjen Sembiring: Pilot Susi Air Masih Hidup, sedang Bersama KKB

KKB pimpinan Egianus Kogoya membuat situasi keamanan di Distrik Paro menjadi tidak kondusif. Situasi semakin menjadi usai KKB mengancam 15 pekerja bangunan yang tengah membangun Puskesmas Paro, Sabtu (4/2) silam.

Tiga hari kemudian, KKB kembali berulah dengan membakar pesawat perintis milik Susi Air dengan kode PK-BVY, pada Selasa (7/2) pagi.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x