Kompas TV nasional sosial

Indonesia Kirim Bantuan USAR Bagi Korban Gempa Turki, Menko PMK: Berangkat Pakai Hercules dan Boeing

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 11:09 WIB
indonesia-kirim-bantuan-usar-bagi-korban-gempa-turki-menko-pmk-berangkat-pakai-hercules-dan-boeing
Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Menhan Prabowo Subianto serta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat memberikan keterangan sebelum acara pengiriman bantuan USAR dari Indonesia bagi korban Gempa Turki di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu (11/2/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan logistik hingga tim Urban Search and Rescue (USAR) ke Turki untuk penanganan pasca gempa. Adapun personel USAR sendiri didukung oleh satuan anjing terlatih, baik dari SAR Dog dan K9.

Upacara pelepasan pun dilaksanakan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (11/2/2023).

Upacara pelepasan pasukan ke Turki tersebut dihadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Tim diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C 130 dan Boeing 737. Total tim yang diberangkatkan 62 orang dengan rincian 47 personel Basarnas dan 15 orang dari BNPB,” ujar Muhadjir usai upacara pelepasan, Sabtu.

Selain itu dari Kementerian Pertahanan hari ini juga akan memberangkatkan bantuan logistik awal sebanyak lima ton seperti, makanan, sepatu, baju hujan, selimut.

“Kita akan terus kirim. Untuk tim medis dari TNI dan Kementerian Kesehatan akan menyusul,” sambung Menhan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Ketum PMI Jusuf Kalla Serahkan Bantuan Rp 1,5 Miliar untuk Korban Gempa Turki

Lebih lanjut, Muhadjir menjelaskan, ini merupakan tim pendahuluan yang bertugas untuk pencarian dan nanti diikuti oleh tim medis atau dokter yang khusus untuk bertanggung jawab dalam penanganan pertama.

“Nanti kita kirim juga ahli bedah ortopedi karena itu yang harus didahulukan. Melihat, kemungkinan banyak yang cedera yang patah tulang. Nanti akan dikirim dengan satu pesawat khusus tim medis angkatan pertama,” jelasnya.

Sebelumnya, personel dari Kantor Basarnas Jambi telah bergabung bersama dengan Tim INASAR (Indonesia Search and Rescue) untuk menuju ke Turki.

Julianto Sembiring (31) adalah salah satu penyelamat (rescuer) yang telah bekerja kurang lebih 13 tahun di Basarnas Jambi dan kini terpilih bergabung dengan Tim SAR Indonesia menuju Turki untuk misi kemanusiaan.

Baca Juga: Mengharukan, Pria Ini Jadikan Tiga Restorannya Penampungan untuk Penyintas Gempa Turki

Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) diberangkatkan di Lapangan Kantor Basarnas Pusat, yang berjumlah 47 personil INASAR, menuju Turki pada Sabtu 11 Februari 2023, sekitar pukul 00.00 WIB.

Tim INASAR membawa berbagai peralatan urban SAR seperti peralatan ekstrikasi, search cam, dan sejenisnya. Personil yang terlibat sebanyak 47 orang itu terdiri dari 42 anggota Basarnas, empat anggota K-9 Polri dan satu anggota medis dari RS Cipto Mangunkusumo.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x