Kompas TV nasional sosial

Lowongan Kerja Kondektur PT KAI Dibuka Hari Ini, Simak Kisaran Gaji dan Tugas-tugasnya

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 16:46 WIB
lowongan-kerja-kondektur-pt-kai-dibuka-hari-ini-simak-kisaran-gaji-dan-tugas-tugasnya
Lowongan kerja PT KAI 2023 untuk posisi Kondektur dan Operasional dibuka hari ini, Jumat (10/2/2023). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka lowongan kerja posisi kondektur yang bisa dilamar oleh pencari kerja dengan ijazah SMA hingga sarjana (S1) mulai hari ini, Jumat (10/2/2023).

Tidak hanya itu, PT KAI juga membuka lowongan kerja untuk posisi operasional dengan tenggat waktu pendaftaran hingga 12 Februari 2023.

Bagi yang ingin mendaftar, tidak ada salahnya untuk menyimak dahulu tugas kondektur KAI dan gajinya.

Kondektur adalah pegawai yang bertugas membantu masinis (kereta api) dalam hal operasional perjalanan seperti mengecek tiket, menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

Berikut beberapa tugas kondektur KAI:

Baca Juga: Gaji Anggota KPPS Pemilu 2024 dan Tugas serta Masa Kerjanya

1. Menerima izin dari PPKA/PAP kepada KP untuk memberangkatkan (semboyan 40).
2. Memberitahukan kepada masinis bahwa kereta api siap berangkat (semboyan 41).
3. Memastikan keamanan langsiran bila terjadi langsiran dan tidak terdapat juru langsir.
4. Melaksanakan pemeriksaan tiket penumpang.
5. Mencocokkan penumpang dengan manifes dan menginformasikan stasiun tujuan penumpang.
6. Melayani kebutuhan, masukan dan keluhan penumpang.
7. Memberikan informasi sejelas mungkin kepada penumpang selama perjalanan.
8. Membantu segala kebutuhan penumpang selama di kereta.
9. Menegur sesuai SOP apabila ada penumpang yang melanggar.
10. Memastikan pelayanan yang diberikan oleh petugas di atas KA sesuai dengan SOP.
11. Mengecek selama perjalanan KA harus bersih, bebas rokok, bebas asongan, pintu dan jendela tertutup, penumpang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, fasilitas dalam KA handal (tempat duduk, AC, televisi, ketersediaan air).
12. Apabila ada keluhan atau kebutuhan dari penumpang, langsung diinformasikan kepada petugas terkait dan akan ditangani dengan baik.
13. Memastikan petugas siap dan dalam posisi masing-masing.
14. Mengecek pekerjaan petugas di KA sehingga semua petugas bekerja sesuai dengan SOP.
15. Menegur petugas apabila bekerja tidak sesuai dengan SOP.

Melansir berbagai sumber, gaji kondektur KAI berkisar antara Rp3-6 juta per bulan. Selain itu, pemegang posisi ini juga akan mendapat tunjangan lainnya.

Lowongan Kerja Kondektur KAI

PT KAI sedang mencari talenta muda berjenis kelamin laki-laki untuk mengisi posisi kondektur dan operasional dengan kualifikasi sebagai berikut.

Kualifikasi khusus:

  • SMA/MA jurusan IPA, IPS dan Bahasa. SMK/MAK jurusan Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin dan Teknik Otomotif (untuk pelamar posisi Operasional lulusan SLTA).
  • SMA/MA jurusan IPA, IPS dan Bahasa. SMK/MAK jurusan Teknik Komputer dan Informatika, Perhotelan dan Jasa Pariwisata (untuk pelamar posisi Kondektur lulusan SLTA).
  • D3 jurusan Manajemen Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Telekomunikasi dan Perkeretaapian (untuk pelamar posisi Operasional lulusan D3).
  • D3 lulusan Manajemen, Perhotelan/Pariwisata, Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Perkeretaapian (untuk pelamar posisi Kondektur lulusan D3).
  • S1/D4 lulusan Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, dan Teknik Telekomunikasi (untuk pelamar posisi Kondektur lulusan S1/D4).
  • S1/D4 jurusan Manajemen, Perhotelan/Pariwisata, Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi (untuk pelamar posisi Kondektur lulusan S1/D4).
  • Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang).
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero).
  • Bersedia ditempatkan atau dialihkan pada formasi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero).
  • Penetapan formasi pekerjaan didasarkan pada hasil seleksi rekrutmen masing-masing pelamar dan kebutuhan perusahaan.
  • Pemilihan lokasi seleksi tidak menentukan lokasi penempatan kerja.
  • Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi.

Pendaftaran lowongan kerja PT KAI 2023 ini dilakukan secara online dengan melakukan registrasi di laman https://recruitment.kai.id/.

Untuk informasi selengkapnya mengenai lowongan kerja KAI bisa Anda lihat di artikel Dibuka Lagi! Lowongan Kerja PT KAI 2023 untuk SLTA-S1, Ini Cara Daftarnya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x