Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Beberkan Kunci Pasar Tradisional Bisa Saingi Pasar Modern: Perbaiki Manajemen, Harus Bersih

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 17:19 WIB
jokowi-beberkan-kunci-pasar-tradisional-bisa-saingi-pasar-modern-perbaiki-manajemen-harus-bersih
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers seusai meninjau Pasar Bathupat Timur di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/02/2023). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan strategi agar pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern.

Menurut Kepala Negara, kuncinya adalah dengan melakukan pembenahan di pasar tradisional, salah satunya terkait kebersihan.

Hal tersebut disampaikan Presiden usai meninjau Pasar Bathupat Timur di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/02/2023).

"Ya memperbaiki manajemen. Artinya, pasar tradisional harus bersih, tidak kumuh," kata Jokowi, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, dia menyebut, jika dilihat dari sisi persaingan harga, pasar tradisional dinilai lebih unggul dibanding pasar modern.

Hal itu karena harga di pasar tradisional tidak ditambah dengan biaya pajak, biaya listrik, ataupun biaya untuk pendingin.

"Kalau persaingan harga pasti menang di pasar tradisional karena enggak kena pajak, enggak kena biaya listrik yang tinggi, enggak kena AC, bisa bersaing," jelasnya.

Baca Juga: Bagikan KUR di Aceh, Jokowi: Jangan Dibelikan Mobil Hati-hati Nyicilnya

Sehingga, kata dia, pasar tradisional hanya perlu memiliki manajemen yang baik, yang akan membuat kebersihan pasar terjaga.

"Hanya memang perlu manajemen yang baik, penataan barang yang baik, pasar yang bersih, tempat parkir ada. Saya kira semua daerah harus arahnya ke sana," tegasnya.

Sebelumnya, kehadiran Presiden Jokowi di Pasar Batuphat Timur bertujuan untuk mengecek harga-harga sejumlah komoditas.

Dia pun menyebut kondisi harga-harga sejumlah komoditas di pasar tersebut terpantau baik.

"Kalau ke pasar, selalu saya dengan gubernur dan wali kota mengecek urusan harga-harga, mengecek urusan inflasi, mengecek urusan barang dan jasa karena ini penting, dan saya lihat di sini baik," ujarnya.

Selain mengecek harga komoditas, dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga turut memberikan sejumlah bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada para pedagang dan masyarakat.

Baca Juga: Menangis dan Teriak Minta Tolong! Wanita Di Medan Hentikan Mobil Jokowi


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x