Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Cerita Tiap ke Desa Selalu Dicurhati Petani Harga Pupuk Naik: Ini Problem Besar

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 11:50 WIB
jokowi-cerita-tiap-ke-desa-selalu-dicurhati-petani-harga-pupuk-naik-ini-problem-besar
Jokowi cerita dapat keluhan dari petani, harga pupuk mahal dan langka (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita soal nasib petani yang kini susah imbas produksi pupuk di Indonesia tidak mencukupi hingga harus ekspor.

Jokowi lantas mengisahkan, ketika ia berkunjung ke desa dan menyapa para petani selalu dapat keluhan yang serupa, yakni harga pupuk yang tinggi. 

Jokowi menyebut, kebutuhan pupuk di Indonesia sebesar 13,5 juta ton, dan baru terpenuhi 3,5 juta ton.

Makanya, kata dia, ia selalu dapat keluhan langsung dari petani soal pupuk ini ketika terjung langsung ke masyarakat. 

"Saya rasakan akhir-akhir ini. Saya setiap ke desa, masuk petani, selalu disampaikan ‘Pak pupuk ndak ada. Pupuk harga naik’," kata Jokowi, Jumat (10/2/2023) saat meresmikan pabrik Pupuk Nitrogen, Phospor, dan Kalium (NPK) PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Mayoritas Publik Ingin Jokowi Tak Umbar Pilihan Politik di Pemilu 2024

Presiden lantas menyebut, karena supply tidak memadai, maka harganya pun jadi terkerek naik dan jadi problem. Baik bagi petani, juga pemerintah. 

"Kalau nggak ada, supply turun, pasti harga naik. Otomatis. Apalagi yang bersubsidi. Inilah problem besar diatasi," kata Jokowi diikuti dari Breaking News Kompas TV. 


 

Jokowi lantas cerita, kini krisis pangan kian membesar di semua negara imbas perang Rusia dan Ukraina. Dua negara ini, kata Jokowi, adalah penyuplai pupuk terbesar. 

"Ingat, hampir di semua negara harga pangan naik drastis sekali. Problemnya karena perubahan iklim, kedua masalah pupuk karena perang. Produsen Rusia dan Ukraina itu besar sekali," ujarnya. 

"Itu goncangkan sisi pertanian hampir semua negara. Produktivitas turun, outputnya berkurang, harga jadi naik," katanya. 

Baca Juga: Jokowi Sedih Biaya Iklan Media Diambil Platform Digital Asing: Sedih Lho Kita!

Jokowi lantas mengutus Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengecek soal pabrik pupuk. Hasilnya, di Aceh ada dua terbengkalai sejak 2015. 

Lalu, kini diresmikan lagi satu pabrik yang diprediksi bisa hasilkan lebih dari 1,4 juta ton pupuk. 

"Pokoknya saya bilang, jalananin dulu. Ini kebutuhan dasar, jangan dibiarkan saja. Investasi untuk PIM (PT Pupuk Iskandar Muda) ini telah keluar 1,7 triliun," ucapnya. 

Jumlah itu, kata Jokowi, untuk pembiayaan industri maupun sarana seperti pelabuhan untuk pabrik pupuk tersebut. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.