Kompas TV nasional hukum

Kuasa Hukum Berharap Hukuman Ferdy Sambo Pertimbangkan Rasa Keadilan bagi Keluarga Yosua

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 06:05 WIB
kuasa-hukum-berharap-hukuman-ferdy-sambo-pertimbangkan-rasa-keadilan-bagi-keluarga-yosua
Kerabat memegang foto almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J saat pemakaman kembali jenazah setelah autopsi ulang di Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi, Rabu (27/7/2022). (Sumber: Kompas TV/Ant/Wahdi Septiawan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum keluarga Yosua Hutabarat, Martin Simanjuntak berharap putusan hukuman terhadap Ferdy Sambo mempertimbangkan rasa keadilan bagi keluarga kliennya. 

Seperti diketahui, proses hukum terhadap Ferdy Sambo dkk atas kasus pembunuhan Yosua Hutabarat sudah memasuki pembacaan nota pembelaan atau pleidoi para terdakwa. 

Meski begitu, pihak keluarga Yosua Hutabarat hingga saat ini masih belum puas dengan jalannya persidangan. Apalagi, para terdakwa enggan mengakui kesalahannya. 

"Yang pertama, bahwa hal itu tidak bersesuaian dengan harapan dari keluarga," kata Martin dalam program Kompas Petang, Kamis (26/1/2023).

"Sebenarnya sejak dari awal, keinginan dari keluarga adalah agar seluruh terdakwa ini mau mengakui kesalahannya dan juga mau bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan," tuturnya. 

Martin mengungkapkan, keluarga Yosua Hutabarat sendiri baru memaafkan Richard Eliezer sebelum mendapat tuntutan 12 tahun penjara dari jaksa penuntut umum. 

Meski begitu, Martin mengatakan, pihaknya tetap menghargai pleidoi yang dibacakan terdakwa dalam persidangan.

"Namun apa pun itu, saya tetap menghargai karena itu adalah hak para terdakwa," lanjutnya.

Baca Juga: Dicurigai Siasat Dapatkan Simpati, Apa Alasan Putri Sambo Singgung soal Anaknya di Nota Pembelaan?

Martin hanya bisa berharap, Majelis Hakim nantinya bisa memberikan putusan yang mempertimbangkan rasa keadilan bagi keluarga Yosua Hutabarat. 

"Nanti apakah bisa meyakinkan hakim, memberikan pertimbangan yang meringankan, atau mungkin saja bisa meyakinkan hakim ada unsur dari pasal yang tidak terpenuhi."

"Jika terjadi, akan menimbulkan polemik baru yang merefleksikan ketidakadilan. Oleh karena itu, kami mengimbau agar Majelis Hakim mau mempertimbangkan rasa keadilan bagi keluarga ini," pungkasnya. 

Seluruh terdakwa dalam kasus pembunuhan Yosua Hutabarat telah membacakan pleidoi masing-masing. 

Sebelumnya, jaksa penuntut umum telah memberikan tuntutan kepada Ferdy Sambo dengan hukuman pidana penjara seumur hidup.

Sementara, Richard Eliezer atau Bharada E dituntut pidana penjara 12 tahun. Lalu, tiga terdakwa lainnya, Putri Candrawathi, Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf dituntut pidana penjara masing-masing 8 tahun.  

Baca Juga: Cerita Masuk Polri hingga Jadi Ajudan Sambo, Eliezer saat Pleidoi: Saya Diperalat & Dibohongi


 

 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.