Kompas TV nasional peristiwa

Jalan Sehat Bareng Presiden Jokowi Peringatan Seabad NU, Ribuan Warga Padati Pura Mangkunegaran Solo

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 07:19 WIB
jalan-sehat-bareng-presiden-jokowi-peringatan-seabad-nu-ribuan-warga-padati-pura-mangkunegaran-solo
Ribuan warga berkumpul di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (22/1) pagi untuk mengikuti jalan sehat bersama Presiden Jokowi di acara seabad NU. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk memperingati satu abad Nahdatul Ulama (NU) sekaligus mengikuti jalan sehat bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, ribuan warga berkumpul di Pura Mangkunegaran, Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Minggu (22/1/2023) pagi.

Selain Presiden Jokowi, ada juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan sejumlah Manteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir dalam acara jalan sehat yang dimulai pada pukul 06.00 WIB tadi.

Sekitar 3.500 personel tim gabungan Polri, TNI, dan unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pun diterjunkan untuk melakukan pengamanan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 5.000 peserta tersebut.

"Pelaksanaan pengamanan juga lebih estimasi, total personel gabungan 3.500 personel akan bergerak dinamis, mengingat bagaimana pergerakan di lapangan. Namun demikian tetap berfokus juga pada kegiatan masyarakat yang lain," kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, Minggu (22/1) dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Saat ke Indonesia dan Wisatawan asal China tak Wajib Lakukan Isolasi, Jokowi Jelaskan Alasannya

Rute jalan sehat itu akan melewati Pura Mangkunegaran, ke barat melewati Jalan Ronggowarsito dan Jalan dr Sutomo hingga Jalan Slamet Riyadi. Kemudian, berjalan ke timur di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro, hingga akhirnya berada di kawasan Depan Pasar Triwindu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo mengatakan pihaknya melakukan sterilisasi jalur di Jalan Ronggowarsito sejak pukul 04.00 WIB hingga acara jalan sehat usai.

Akan tetapi, jalur Slamet Riyadi hingga Simpang Empat Purwosari dan Bundaran Gladak tetap dibuka seperti hari Minggu biasanya yang digunakan sebagai lokasi Car Free Day (CFD) Solo. 

Selain itu, Dishub Solo juga telah menyiapkan delapan area parkir yang tersebar di sejumlah rute jalan sehat, yakni Jalan Hasanudin, Jalan Dr Supomo, dan Jalan Dr Cipto. Lalu, ada juga di Jalan Bhayangkara, Jalan Museum, Jalan Imam Bonjol, dan Benteng Vastenburg.

Baca Juga: Buka-bukaan Puan Maharani Jika Ketum Megawati Tidak Memilih Putrinya jadi Capres PDI-P


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x