Kompas TV nasional hukum

Martin Simanjuntak Waswas pada Tuntutan JPU terhadap Ferdy Sambo, Khawatirkan Richard Eliezer

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 19:23 WIB
martin-simanjuntak-waswas-pada-tuntutan-jpu-terhadap-ferdy-sambo-khawatirkan-richard-eliezer
Pengacara keluarga Yosua, Martin Simanjuntak, dalam Kompas Petang Kompas TV, Senin (16/1/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Martin Simanjuntak, anggota tim kuasa hukum keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, mengaku waswas pada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) terhadap Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Martin menjelaskan alasan kehawatirannya karena dalam persidangan yang digelar hari ini, Senin (16/1/2023), jaksa menuntut dua terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, yaitu Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal, hanya dengan pidana penjara 8 tahun.

“Ini yang saya justru waswas ya, karena second layer atau penyerta dalam hal ini hanya dituntut 8 tahun,” tuturnya dalam dialog Kompas Petang Kompas TV, Senin.

“Saya curiga kok jaksa nanti hanya akan menuntut Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, yang dalam hal ini dinggap sebagai pelaku intelektual, itu tidak akan terlalu serius.”

Baca Juga: Jaksa Beberkan Prilaku Putri Candrawathi di Perjalanan Magelang menuju Jakarta

Ia menambahkan, tidak serius dalam artian menuntut dengan tuntutan ringan.

“Ya kita bisa lihat dari contohnya hari ini, hanya dituntut 8 tahun. Nah, saya kok curiga jangan-jangan nanti Ferdy Sambo sama Putri itu hanya dituntut ringan.”

Jika berbicara tuntutan pidana penjara selama 8 tahun, lanjut Martin, ketika majelis hakim sepakat dengan jaksa, vonisnya bisa 8 tahun atau dua per tiga dari 8 tahun tersebut.

“Kalau kita bicara 8 tahun, kalau hakim sepakat dengan jaksa, vonisnya 8 tahun atau dua per tiga dari tuntutan, kalau hakim sepakat.”

“Kalau hakim tidak sepakat, barulah bisa divonis melebihi dari tuntutan,” lanjutnya.

Meski demikian, Martin mengaku sangat yakin jaksa akan menuntut Ferdy Sambo lebih berat daripada tuntutan kepada Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal.

“Kalau untuk Ferdy Sambo, saya yakin lebih berat, namun seberapa serius tuntutannya.”

Sementara Martin memperkirakan jaksa akan menuntut Richard Eliezer ebih berat daripada Kuat dan Ricky.

“Karena tadi ada beberapa poin dalam surat tuntutan, yang mengatakan bahwa Richard Eliezer itu dalam menerima perintah, langsung menerima dan langung menembak.”

Baca Juga: Tanggapi soal Tuntutan 8 Tahun Penjara, Ayah Yosua: Tuntutan Ricky Harusnya Lebih Berat dari Kuat

“Menurut saya ini agak mengkhawatirkan, berarti dalam hal ini jaksa beranggapan bahwa Richard itu seharusnya bisa menolak, tidak harus langsung menembak,” lanjutnya.

Martin mendoakan yang terbaik untuk Eliezer. Sebab, menurutnya, dia sudah menjadi justice collaborator, dan sudah mempertanggungjawabkan apa yang dia sampaikan di depan keluarga korban.


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.