Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS: Selalu Ada Musyawarah untuk Cawapres Anies, PKS Tetap Ajukan Aher

Kompas.tv - 12 Januari 2023, 10:58 WIB
pks-selalu-ada-musyawarah-untuk-cawapres-anies-pks-tetap-ajukan-aher
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai yang paling utama dalam pergantian menteri adalah pembaruan dan implementas kebijakan yang dibuat oleh pelatih dalam hal ini presiden. Hal itu diungkapkan saat berdialog di program Kompas Petang KOMPAS TV, Rabu (15/6/2022). (Sumber: KOMPAS TV) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan dengan cara musyawarah bersama Nasdem dan Demokrat terkait persoalan sosok cawapres dari Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.  

Baca Juga: Bila ada yang Paksa Kehendak, Nasdem Sebut Deklarasi Koalisi dengan Demokrat - PKS Berpotensi Gagal

"Selalu ada musyawarah untuk persoalan cawapres," kata Mardani kepada wartawan, Kamis (12/1/2023).

Menurut dia, wajar bila PKS memperjuangkan kader internalnya, yaitu Ahmad Heryawan alias Aher sebagai pendamping Anies di pesta demokrasi nanti. 

"Wajar tiap partai mengajukan calonnya dan PKS masih mengajukan Kang  Aher," ujarnya. 


 

Anggota Komisi II DPR itu menyebut, kini hubungan antara Nasdem, PKS dan Demokrat masih amat harmonis. Dirinya berharap koalisi ketiga partai politik itu bisa segera dideklarasikan. 

"Semua dibahas dalam musyawarah yang penuh harmoni dan saling legowo. Doakan lancar," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, bila Partai Demokrat memaksakan sosok Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menjadi cawapres dari Anies Baswedan, koalisi menyongsong gelaran Pilpres 2024 dipastikan akan bubar. 

"Ini bukan harga mati yang kemudian kalau tidak AHY kami tidak mau. Ya itu namanya mengunci kan. Kalau terjadi seperti itu, saya pastikan koalisi ini tidak berjalan," kata Ali kepada wartawan, Rabu (11/1/2023). 

Ia menjelaskan, koalisi yang digagas dengan PKS dan Demokrat itu hingga saat ini menawarkan jagoannya untuk disandingkan dengan Anies di pesta demokrasi nanti. 

Misalnya, PKS menyodorkan nama Wakil Ketua Majelis Syuro Ahmad Heryawan atau Aher dalam perbincangannya selama ini. 

Baca Juga: NasDem Buka Diri dengan Parpol Lain, Ketua DPP: Demokrat dan PKS Kebetulan Saja

"Kita berkoalisi tiga partai, NasDem sudah sejak awal melihat Anies sebagai capres dia bukan kader NasDem dan tidak pernah me-NasDem-kan Anies. Kemudian juga PKS, kemudian juga Demokrat." 

"PKS menawarkan Aher, Demokrat menawarkan AHY, nah kalau semua bicara kemungkinan partainya, pertanyaannya NasDem gimana? Kami sudah lah, kita tidak bicara NasDem dapat apa, yang penting kita mau mengajukan capres ini kan dengan pertimbangan harus menang," ujarnya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x