Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Bakal Tambah Polda di Wilayah DOB Papua, sekaligus Buka Rekrutmen Personel

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 17:55 WIB
kapolri-bakal-tambah-polda-di-wilayah-dob-papua-sekaligus-buka-rekrutmen-personel
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan akan menambah Polda dan merekrut personel Kepolisian di seluruh wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan akan menambah Polda dan merekrut personel Kepolisian di seluruh wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

Hal itu disampaikan Listyo seusai kegiatan pengarahan kepada prajurit TNI-Polri Satgas Ops wilayah Sorong, Rabu (11/1/2023).

"Dengan adanya penambahan lima wilayah DOB, tentunya Polri persiapkan untuk di wilayah pemekaran tersebut yang nantinya di ibu kota provinsi akan ada Polda Baru kita siapkan," kata Kapolri dalam keterangan tertulis, Rabu (11/1).

Dia menyebut, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pembentukan Polda baru di wilayah DOB, pihaknya juga akan melakukan rekrutmen untuk menambah jumlah personel untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat setempat.

"Tentunya untuk mengisi perkuatan polda tersebut. Kami harus mempersiapkan dari mulai pangkat bintara dengan melakukan rekrutmen-rekrutmen tambahan maupun rekrutmen khusus," ujarnya.

Menurutnya, penambahan tersebut juga dapat dijadikan kesempatan maupun ruang bagi seluruh personel kepolisian, khususnya orang asli Papua untuk mendapatkan posisi yang strategis.

"Tentunya ini juga kesempatan bagi yang lain mengisi posisi-posisi di middle manager yang nanti kita siapkan," jelasnya.

Baca Juga: Resmi Bertambah Papua Barat Daya, Kini Provinsi di Indonesia Jadi 38

Dia mengatakan, semua hal terkait pembentukan polda dan perekrutan personel itu akan disesuaikan dengan proses dari pengembangan ibu kota provinsi baru tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan, TNI-Polri akan terus bersinergi menjaga dan mempertahankan kedaulatan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI).

Dengan adanya sinergitas TNI-Polri, kata dia, semua program pembangunan maupun kebijakan di wilayah DOB akan berjalan dengan lancar.

"Sehingga, program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan di wilayah Papua khususnya dapat terlaksana dengan aman dan kondusif," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah telah telah menetapkan empat provinsi daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Keempat provinsi baru di wilayah Papua adalah Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Dengan bertambahnya empat provinsi baru tersebut, kini Indonesia memiliki total 38 provinsi.

Baca Juga: Sebanyak 2.500 Personel Gabungan Tni-Polri Siap Amankan Kunjungan Kapolri Dan Panglima TNI


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x