Kompas TV nasional news or hoax

HOAKS SALJU BUATAN DARI CAMPURAN GULA DAN GARAM

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 13:41 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Beredar video  dengan narasi eksperimen hasil  pencampuran gula dan garam dapat menjadi salju, diunggah di media sosial tiktok.

Namun setelah di cek kebenaran informasinya, video yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Berdasarkan penelusuran ditemukan bahwa pengunggah tidak menggunakan garam dan air dalam eksperimennya, melainkan bubuk salju instan bernama Super Absorbent Polymer. Bubuk salju tersebut merupakan  jenis zat kimia yang biasa digunakan dalam produk higienis, perkebunan hingga salju artifisial. Cara kerja zat ini mengubah air menjadi media berbusa yang lembut seperti salju asli.

Dilansir dari dailydot.com,  telah banyak konten kreator yang membantah bahwa video eksperimen pengunggah tersebut adalah palsu. Salah salah satunya  akun tiktok @vector yang mempraktekkan penggunaan salju instan.  Ternyata reaksi yang dihasilkan mirip dengan eksperimen pengunggah video dengan narasi yang salah.

Sedangkan pencampuran gula, garam dan air akan menghasilkan larutan yang bersifat campuran homogen, campuran yang zat penyusunnya tercampur dengan sempurna dan tidak dapat dibedakan lagi.  Dengan kata lain pencampuran gula atau garam dengan segelas air,  akan tercampur dan tidak berubah menjadi zat lain.

Jadi video yang beredar dengan narasi  hasil  pencampuran gula dan garam dapat menjadi salju adalah tidak benar atau hoaks.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x