Kompas TV nasional update

Gempa 5,6 M Pacitan Terasa hingga Yogyakarta dan Jawa Tengah, Berskala II-III MMI

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 20:41 WIB
gempa-5-6-m-pacitan-terasa-hingga-yogyakarta-dan-jawa-tengah-berskala-ii-iii-mmi
Ilustrasi. Gempa dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Pacitan, Jawa Timur, Senin (9/1/2023) malam sekitar pukul 19.26 WIB, terasa hingga Yogyakarta dan Jawa Tengah. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

PACITAN, KOMPAS.TV - Gempa dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Pacitan, Jawa Timur, Senin (9/1/2023) malam sekitar pukul 19.26 WIB, terasa hingga Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terasa dengan skala II hingga III MMI. Artinya, gempa dirasakan nyata oleh beberapa orang hingga di dalam rumah.

Gempa terasa di II-III Pacitan, II-III di Gunungkidul, II-III di Bantul, II-III di Kota Yogyakarta, II-III di Sleman, hingga II-III di Kulonprogo. 

Baca Juga: BMKG Himbau Warga Waspada Bencana Hidrometeorologi

Kemudian, II-III di Wonogiri, II-III di Purworejo, II-III di Cilacap, II-III di Nganjuk, II-III di Kediri, II-III di Tulungagung.

Selanjutnya, II-III di Trenggalek, II di Banjarnegara, II di Wonosobo, II di Karangkates, II di Kebumen, II-III di Blitar.

Titik gempa berada di koordinat 8,99 LS dan 111,16 BT. Pusat gempa berada di laut 90 km tenggara Pacitan dengan kedalaman 10 km.

BMKG menyebut gempa ini tak berpotensi tsunami dan mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap guncangan susulan yang mungkin akan terjadi.

Baca Juga: Pacitan Diguncang Gempa M 5,6, Tidak Berpotensi Tsunami, Terasa hingga Yogyakarta

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x