Kompas TV nasional peristiwa

Update Kondisi Ibu Eny di Rumah Sakit Jiwa: Mulai Berkomunikasi Pasif dan Sudah Boleh Dijenguk

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 17:28 WIB
update-kondisi-ibu-eny-di-rumah-sakit-jiwa-mulai-berkomunikasi-pasif-dan-sudah-boleh-dijenguk
Update kondisi Ibu Eny, pemilik rumah mewah terbengkalai di Cakung Jakarta Timur, yang kini dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Nikensari Koesrindartia, mengungkapkan kondisi Eny Sukaesih (59) alias Ibu Eny yang saat ini menjalani perawatan karena diduga depresi.

Nikensari mengatakan, kondisi Ibu Eny semakin membaik usai menjalani perawatan selama 11 hari sejak dievakuasi petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Timur pada 30 Desember 2022 lalu.

"Kondisi kesehatan pasien secara fisik dan psikis secara bertahap sedikit demi sedikit menuju ke arah yang lebih positif, baik," kata Nikensari di Jakarta, Senin (9/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Kisahnya Viral karena Merawat Ibu Eny, Tiko Dapat Tawaran Kerja dari YouTuber hingga Pengusaha

Dua hari pertama menjalani perawatan, Ibu Eny mendapatkan penanganan jiwa dan fisik. Kini, ibunda dari Tiko itu telah dirawat di ruang inap jiwa.

Niken mengatakan, Ibu Eny masih harus menjalani perawatan lanjutan agar tim yang terdiri dari dokter spesialis jiwa, psikiater, dan psikoterapi, dapat melakukan observasi dan evaluasi.

Perawatan lanjutan tersebut, di antaranya penanganan fase akut atau kegawatdaruratan fisik dan jiwa, pemeriksaan klinik dan penunjang, serta pemberian terapi medis psikofarmaka atau obat-obatan.

Selama menjalani perawatan, kata Niken, Ibu Eny sudah bisa berkomunikasi pasif dan menanyakan anak serta mendiang suaminya. Selebihnya, Ibu Eny cenderung banyak diam dan menjawab seperlunya jika ditanya.

Niken juga menjelaskan bahwa pihak keluarga sudah bisa menjenguk Ibu Eny selama menjalani perawatan di RSKD Duren Sawit.

"Pasien boleh dijenguk sesuai jadwal dan peraturan, sekaligus mengevaluasi respon pasien ke 'caregiver'-nya (pengasuh). Putra atau keluarga," tutur Niken.

Baca Juga: Prioritaskan Merawat Ibunya, Tiko Tak Lagi Menerima Undangan Stasiun TV

Diberitakan sebelumnya, kisah Ibu Eny dan Tiko viral di media sosial. Keduanya tinggal di sebuah rumah mewah di Kompleks PLN Klender, Cakung, Jakarta Timur.

Rumah mewah tersebut tampak terbengkalai dan tidak teraliri listrik. Tiko bahkan harus menadah hujan untuk keperluan mandi dan memasak. Keduanya menjalani kehidupan tersebut selama sekitar 12 tahun.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x