Kompas TV nasional politik

Djarot ke Menteri dari NasDem: Kalau Memang Gentle Lebih Baik Mengundurkan Diri

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 07:00 WIB
djarot-ke-menteri-dari-nasdem-kalau-memang-gentle-lebih-baik-mengundurkan-diri
Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat. (Sumber: KOMPAS.com/ ACHMAD FAIZAL)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendapat sorotan dari Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Djarot kedua menteri dari Partai NasDem itu perlu dievaluasi. Pertama dari segi kinerja, kedua soal partai. 

Untuk kinerja, Djarot yang duduk di Komisi IV DPR belum melihat ada gebrakan yang dilakukan. Semisal terkait swasembada pangan, Presiden Joko Widodo menginginkan agar kedaulatan pangan dapat terwujud. Namun tetap saja produksi masih tidak mencukupi.

"Para petani kalau saya ketemu di Dapil itu kenapa harga pupuk subsidi itu mahal, maka dari itu selalu kita sampaikan berani enggak kita, terutama Kementerian Pertanian berada di garis depan untuk bisa memberikan kepastian harga," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selatan, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: NasDem Yakin Kadernya Tak Di-reshuffle Jokowi: Masa Kita Dibuang di Tengah Jalan?

Untuk partai, Djarot menekankan sedari awal Presiden Jokowi menginginkan menteri di Kabinet Indonesia Maju dapat fokus menjalankan dan mengawal kebijakan yang diambil. 

Namun setelah Partai NasDem mendeklarasikan bakal calon presiden di Pilpres 2024, ada kekhawatiran kinerja menteri dari Partai NasDem sudah tidak fokus lagi mengabdi di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kalau memang gentle betul sudah seperti itu, akan lebih baik, untuk menteri-menterinya lebih baik mengundurkan diri. Itu lebih gentle. Ya, sebab apa, sebab, rupanya, mungkin agak tidak cocok dengan kebijakan Pak Jokowi, termasuk yang disampaikan adalah sosok antitesis Pak Jokowi," ujar Djarot.

Djarot menambahkan meski Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri LHK Siti Nurbaya serta Partai NasDem perlu dievaluasi keputusan untuk perombakan menteri merupakan hak prerogatif presiden.

Baca Juga: Politisi Partai NasDem Merespon Desakan Rehuffle Kabinet Terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin

"Pak Jokowi sudah memberi sinyal, reshuffle itu pasti akan dilakukan, pasti. Apakah akan jangka waktu dekat, atau dua tiga bulan menurut Pak Jokowi, tunggu waktunya, tunggu saja kan begitu, tapi pasti," ujar Djarot.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x