Kompas TV nasional update

Hari Pertama Operasi Lilin Jelang Natal dan Tahun Baru: Ada 114 Laka Lantas, 18 Meninggal Dunia

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 10:03 WIB
hari-pertama-operasi-lilin-jelang-natal-dan-tahun-baru-ada-114-laka-lantas-18-meninggal-dunia
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan (tengah) menyampaikan hasil pantauan hari pertama Operasi Lilin 2022, Sabtu (24/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terjadi 118 kecelakaan lalu lintas di sekitar Jabodetabek jelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Hal itu disampaikan oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan dalam konferensi pers hasil pantauan Operasi Lilin 2022 hari pertama.

"Jumlah kecelakaan, di hari pertama (23/12), ada 114 kejadian dengan korban meninggal 18, luka berat 10, dan luka ringan 123," kata Aan, Sabtu (24/12/2022), dipantau pada program Breaking News KOMPAS TV.

"Itu untuk evaluasi pertama kemarin," sambung dia.

Secara keseluruhan, Aan menyebut arus lalu lintas berjalan lancar, kendari puncak volume kendaraan sempat diprediksi terjadi pada Jumat (23/12) kemarin.

"Puncak arus diprediksi 23-24 Desember, tapi faktanya tadi malam sampai pagi ini tidak terjadi lonjakan yang signifikan. Mungkin hari ini, masih ada yang akan bepergian," kata Brigjen Aan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG: 13 Kota Diprediksi Hujan saat Malam Natal, Cek Daftarnya di Sini

Memasuki hari kedua Operasi Lilin, Sabtu (24/12), Satlantas Polri masih akan berfokus pada pantauan dan pengaturan arus lalu lintas.

"Kita fokus untuk arus lalu lintas, terutama di jalur wisata. Kemungkinan ada lonjakan ke daerah wisata, seperti Puncak (Bogor-red) dan lainnya," ungkap Aan.

"Puncak sudah kita berlakukan contra flow, di Ciawi arah Gadog, di sana ada peningkatan arus," imbuh dia.

Sementara malam ini, petugas juga mulai mengamankan lalu lintas di sekitar tempat ibadah. Dijelaskan oleh Aan, "jalur di sekitar tempat ibadah, di beberapa wilayah, akan ada rekayasa lalu lintas untuk memperlancar."

Baca Juga: Menhub Imbau Pemudik Nataru Waspadai Titik Tol Cikampek yang Berpotensi Banjir akibat Cuaca Ekstrem


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x