Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi akan Terbitkan Keppres Cabut PPKM Setelah Ada Kajian Menkes: Minggu Ini Sudah Sampai ke Saya

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 13:58 WIB
jokowi-akan-terbitkan-keppres-cabut-ppkm-setelah-ada-kajian-menkes-minggu-ini-sudah-sampai-ke-saya
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan berencana menerbitkan keputusan presiden (keppres) tentang penghentian kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).(Sumber: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan rencananya menerbitkan keputusan presiden tentang penghentian kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Namun, saat ini dia mengaku masih menunggu seluruh kajian dari kementerian maupun lembaga terkait soal penghentian kebijakan tersebut. 

"Jadi kembali ke PSBB, PPKM itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari pak Menko (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto) maupun dari Kementerian Kesehatan," kata Kepala Negara di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022), siang seperti yang dilaporkan Jurnalis Kompas TV, Dipo Nurbahagia.

Jokowi menyebut seluruh kajian dari kajian dari Menko Perekonomian Airlangga dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ini dijadwalkan rampung pada pekan ini.

Presiden pun menegaskan jika laporan tersebut sudah sampai ke mejanya, maka dia akan segera menyiapkan draft keputusan presiden terkait penghentian kebijakan PPKM. 

Baca Juga: Jokowi Sebut PPKM Mungkin akan Dihentikan Akhir Tahun Ini

"Saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM," jelas dia. "Kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini."

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan kemungkinan untuk menghentikan kebijakan PPKM pada akhir 2022.

Hal tersebut mengingat situasi pandemi di Tanah Air yang saat ini terus membaik. Selain itu, kasus harian Covid-19 pada Selasa (20/12/2022) berada di angka 1.200-an.

Pernyataan ini disampaikannya  dalam Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (21/12).

"Hari ini, kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita," ujar Jokowi.

“Perjalanan seperti itu harus kita ingat betapa sangat sulitnya,” tambahnya.

Baca Juga: Saat Jokowi Sentil Para Menteri: Kalau yang Enak-enak Tidak Pernah Mengajak Saya

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x