Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Semantok yang Dibangun Sejak 2017 dengan Biaya 2,5 Triliun

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 16:35 WIB
presiden-jokowi-resmikan-bendungan-semantok-yang-dibangun-sejak-2017-dengan-biaya-2-5-triliun
Presiden Jokowi resmi membuka Bendungan Semantok di Nganjuk, Jawa Timur pada hari ini, Selasa (20/12/2022). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy

NGANJUK, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Provinsi Jawa Timur dalam rangka kunjungan kerja, Selasa (20/12/2022).

Dalam salah satu kegiatan kunjungan kerja itu, Presiden Jokowi akhirnya meresmikan Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Presiden dalam sambutannya menuturkan, sejak tahun 2015 pemerintah telah memulai pembangunan bendungan-bendungan dan waduk-waduk dan sampai hari ini Bendungan Semantok ini adalah bendungan yang ke-30 yang telah diresmikan.

“Nantinya target kurang lebih 50 hingga 60 di akhir 2024, karena kita tahu apa pun itu air adalah kunci, baik untuk pertanian maupun untuk hal-hal yang lain, listrik, pariwisata dan semuanya,” ujarnya dalam acara peresmian Bendungan Semantok, Nganjuk, Selasa, yang dipantau secara daring.

Baca Juga: Jokowi akan Gowes 1,2 Km dan Berdialog dengan Petani di Bendungan Semantok Jawa Timur Besok

"Oleh sebab itu semakin banyak bendungan yang kita bangun kita harapkan produksi pertanian kita semakin baik juga kesejahteraan petani juga akan semakin baik," tambahnya.

Bendungan Semantok  tersebut disebutkan dibangun sejak 2017 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp2,5 triliun. Melihat, kapasitas tampung dari bendungan ini sangat besar yakni, 32,6 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare.

Dengan kapasitas tersebut, bendungan ini diperkirakan kurang lebih akan mengairi sawah 1.900 hektare.

Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

“Inilah yang kita harapkan. Nantinya dengan bendungan ini mestinya yang dibawah, yang nanti terairi kalau biasanya panen sekali bisa panen dua kali. Kalau biasanya panen dua kali bisa panen tiga kali. Biasanya nggak bisa di tanami padi misalnya, bisa panen dua kali atau tiga kali,” tuturnya.

Untuk itu, Presiden berharap, semoga beendungan ini bermanfaat bagi para petani di Kabupaten Nganjuk khususnya, dan di provinsi Jawa Timur pada umumnya.

“Dengan mengucap Bismillah Hirohman Nirohim pada siang hari ini Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, saya nyatakan dibuka secara resmi,” tutupnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x