Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Tetap Pilih Gunakan Nomor Urut 12 pada Pemilu 2024, Ini Alasannya

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 15:00 WIB
pan-tetap-pilih-gunakan-nomor-urut-12-pada-pemilu-2024-ini-alasannya
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Amanat Nasional memutuskan tetap ingin menggunakan nomor urut 12 untuk digunakan pada gelaran Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga mengatakan, partainya senang menggunakan nomor urut yang pernah mereka dapati pada perhelatan lima tahun sebelumnya.

Viva berharap PAN bisa dipilih masyarakat agara menjadi pemenang di pesta demokrasi nanti. 

Baca Juga: PKS: Kami Tak Masalah dengan Nomor Urut di Pemilu 2024

"Apalagi saat ini dunia sedang demam Piala Dunia Qatar 2022. Titik penalti adalah berjarak 12 langkah dari gawang. 12 pas. Semoga di pemilu nanti masyarakat juga akan memilih partai nomor urut 12, yakni PAN he he he," kata Viva kepada Kompas TV, Rabu (14/12/2022). 

Meski berkeinginan tetap menggunakan nomor yang sama dengan lima tahun lalu, Viva mengatakan PAN siap menerima berapa pun nomor urut partai pada pemungutan suara tahun depan. 

"Yang penting bagi PAN adalah bagaimana struktur partai dapat menjadi mesin tambang untuk suara, para caleg berjuang serius di dapil, saksi PAN di setiap TPS bekerja tanpa lelah untuk mengamankan suara PAN," ujarnya. 

Presiden Jokowi menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2022 perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Perppu mengatur pilihan bagi partai politik peserta pemilu 2019 untuk tetap menggunakan nomor urut lama atau kembali diikutikan pengundian penentuan nomor urut. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x