Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU: Parpol di DPR Bisa Pilih Nomor Urut Sama di Pemilu 2019 atau Ikut Pengundian

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 05:35 WIB
kpu-parpol-di-dpr-bisa-pilih-nomor-urut-sama-di-pemilu-2019-atau-ikut-pengundian
Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan parpol peserta Pemilu 2024 yang mendaftar di KPU, Jumat (5/8/2022). (Sumber: YouTube KPU)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai politik yang duduk di DPR RI bisa menggunakan nomor urut sama saat Pemilu 2024 mendatang.

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan nomer urut sama merupakan salah satu pilihan yang diberikan KPU kepada parpol yang ada di DPR RI.

Opsi pertama parpol di DPR boleh menggunakan nomor urut peserta pemilu 2019. Opsi kedua parpol di legislatif boleh memilih nomor urut baru yang diundi KPU secara terbuka.

"Jadi untuk partai politik Parlemen diberikan dua opsi," ujar Idham, Selasa (13/12/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu: Kursi DPR Bertambah dan Parpol Lama Bisa Pakai Nomor Urut yang Sama

Aturan nomor urut parpol yang memenuhi ketentuan ambang batas perolehan suara secara nasional untuk Pemilu anggota DPR di Pemilu 2019 dan telah ditetapkan sebagai peserta pemilu ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilihan Umum. 

Dalam Pasal 179 ayat (3) Perppu Pemilu yang diteken Presiden Joko Widodo pada 12 Desember 2022, disebutkan partai politik yang telah memenuhi ketentuan ambang batas perolehan suara secara nasional untuk pemilu anggota DPR pada tahun 2019 dan telah ditetapkan sebagai peserta pemilu, sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat menggunakan nomor urut partai politik peserta pemilu yang sama pada pemilu tahun 2019.

Masih dalam pasal yang sama parpol dapat mengikuti penetapan nomor urut partai politik peserta pemilu yang dilakukan secara undi dalam sidang pleno KPU yang terbuka dengan dihadiri wakil partai politik peserta pemilu.

Hasil verifikasi administrasi KPU, total ada 18 partai politik yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024. 

Baca Juga: Megawati Usul Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Tak Perlu Diubah

Jumlah itu mencakup sembilan partai politik yang lolos ke DPR RI, serta parpol lama dan baru. Rencananya, pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu akan diselenggarakan KPU pada Rabu (14/12/2022). 

"Besok kami minta kepada partai politik Parlemen menyampaikan surat pemberitahuan apakah tetap menggunakan nomor urut peserta pemilu pada pemilu sebelumnya atau menginginkan nomor urut baru yang akan diundi pada tanggal 14 Desember malam," ujar Idham.

Adapun sembilan partai peserta Pemilu 2019 yang lolos ke DPR dan berhak untuk tak mengikuti pengundian nomor urut parpol peserta Pemilu 2024 yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di pemilu 2019 nomor urut 1.

Partai Gerindra Pemilu 2019 nomor urut 2, PDI-P nomor urut 3, Partai Golkar nomor urut 4, Partai Nasdem nomor urut 5. 

Baca Juga: PPP Tak Setuju Nomor Urut Partai di Pemilu 2024 Tidak Diundi: Semua Parpol Punya Hak yang Sama

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilu 2019 nomor urut 8, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) nomor urut 10, Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 12, Partai Demokrat nomor urut 14.


 


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x