Kompas TV nasional politik

Disetujui DPR Jadi Panglima TNI, Yudo Margono Pastikan Seluruh TNI Netral di Pemilu 2024

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 12:47 WIB
disetujui-dpr-jadi-panglima-tni-yudo-margono-pastikan-seluruh-tni-netral-di-pemilu-2024
Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (2/12/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon Panglima TNI terpilih Laksamana Yudo Margono memastikan seluruh parajurit TNI akan menjaga netralitas dalam menyongsong agenda Pemilu 2024 mendatang. 

"Ayo dalam pemilu kapan TNI tidak netral? Pasti netral dari dulu," kata Yudo di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/12/2022). 

Baca Juga: DPR Resmi Sahkan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

Selain itu, ia mengaku akan menjaga kondusivitas saat berlangsungnya tahapan-tahapan pesta demokrasi yang sudah dimulai. 

"Ya kita jaga kondusivitasnya, tadi sudah saya sampaikan. Nah kita pertahankan supaya tetap netral sehingga pemilu berjalan aman dan lancar," ujarnya. 


Sebelumnya, DPR RI resmi mengesahkan Laksamana Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI terpilih menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna yang digelar pada Selasa (13/12/2022). 

Rapat paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Dalam kegiatan itu diikuti oleh 356 anggota legislatif dari total 575 orang. 

Rinciannya yang hadir secara fisik 21 orang, 195 virtual dan 140 orang menyatakan izin. 

Awalnya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. 

Ia mengatakan, Komisi I telah melakukan rapat untuk mendengarkan visi dan misi dari calon Panglima TNI. 

"Komisi I memutuskan menyetujui dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Meutya.    

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani menanyakan kepada seluruh anggota DPR ihwal hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. 

Baca Juga: Hari Ini, DPR Gelar Paripurna Sahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI

"Apakah pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan persetujuan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan. 

"Setuju," jawab peserta rapat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x