Kompas TV nasional politik

Hari Ini, DPR Gelar Paripurna Sahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 07:27 WIB
hari-ini-dpr-gelar-paripurna-sahkan-laksamana-yudo-margono-sebagai-calon-panglima-tni
KSAL Laksamana Yudo Margono saat akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI bersama Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (2/12/2022). (Sumber: KOMPAS/REBIYYAH SALASAH)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPR RI akan menggelar Sidang Paripurna pada hari ini, Selasa (13/12/2022) dengan agenda pengesahan hasil fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. 

"Selasa (13/12) ada Sidang Paripurna DPR, tetapi agendanya tunggal hanya menyetujui dan mengesahkan hasil fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saja oleh Komisi I DPR, pekan lalu,” kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, Senin (12/12/2022). 

Hal itu sebelumnya juga disampaikan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus. Ia menyebut DPR akan menggelar rapat paripurna dengan agenda tunggal dalam waktu dekat. Rapat Paripurna tersebut dilakukan untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono, sebagai Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Begini Janji KSAL Laksamana Yudo Margono Pasca Komisi I DPR Setujui Dirinya jadi Panglima TNI

"Kita akan Rapat Paripurnakan khusus untuk pengesahan Panglima TNI dalam waktu dekat. Jadi acara tunggal hanya untuk pengesahan Panglima TNI, acara tunggal," ujar Lodewijk beberapa waktu lalu, dikutip dari laman resmi DPR. 


Lodewijk menambahkan, setidaknya ada dua kali rapat Paripurna akan dilakukan menjelang masa reses pada pertengahan bulan ini. Kedua Rapat Paripurna tersebut yakni pengesahan pertimbangan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Marguno menjadi calon panglima TNI serta Pidato Penutupan Masa Sidang II Tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Sebelumnya, rapat internal Komisi I DPR RI pada Jumat (2/12/2022) menyepakati Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. 

Baca Juga: Canda Yudo Margono Soal Sinergitas TNI-Polri: Tak Diragukan, Istri Saya Saja Polri

Kesepakatan itu diputuskan setelah Laksamana Yudo Margono menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. Rapat Internal Komisi I DPR RI juga menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Komisi I DPR mengapresiasi dedikasi Jenderal Andika karena telah memajukan institusi TNI.

Yudo Margono akan menjadi Panglima TNI dari Angkatan Laut pertama di era Presiden Joko Widodo. 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x