Kompas TV nasional peristiwa

Ada Pesta Rakyat di Pernikahan Kaesang dan Erina, Budayawan: Seperti yang Dilakukan Raja-Raja Dahulu

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 20:05 WIB
ada-pesta-rakyat-di-pernikahan-kaesang-dan-erina-budayawan-seperti-yang-dilakukan-raja-raja-dahulu
Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono duduk bersama di depan penghulu sebelum melakukan akad nikah di Pendopo Ambarrukmo Plaza, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: Kompas TV/Sunbhio Pratama)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Budayawan cum dosen di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Insiwi Febriary mengungkapkan, pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sarat akan budaya Jawa.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) memegang teguh tradisi Jawa melalui prosesi adat yang ada dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina.

“Saya melihat bahwa konsep acara dua hari ini, saya rasa keluarga Jokowi berusaha untuk memegang teguh kebudayaan Jawa, menjalankan prosesi dan ritual sesuai dengan kebudayaan yang diterapkan,” kata Insiwi dalam Kompas Petang, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Jokowi Lega dan Plong Kaesang Sudah Menikah, Iriana: Berdua Lagi

Pelibatan masyarakat melalui pesta rakyat yang diadakan oleh keluarga Jokowi menunjukkan bahwa kebahagiaan yang muncul dalam pernikahan tersebut ingin dibagikan kepada masyarakat, bukan hanya untuk keluarga saja.

Insiwi mengatakan bahwa pelibatan masyarakat dalam pesta rakyat di pernikahan sudah pernah dilakukan oleh raja-raja terdahulu.

“Ini merupakan bagian dari apa yang pernah dilakukan oleh para pendahulu atau raja-raja di Kasunanan maupun Mangkunegaran dan Kasultanan. Ketika mereka menikah, ada yang mengadakan pesta dan mengadakan pasar rakyat, pasar malam,” jelasnya.

Baca Juga: Filosofi Ranupada atau Basuh Kaki Saat Proses Panggih Pengantin Kaesang dan Erina

Tak hanya pesta rakyat, masyarakat dan tamu undangan juga akan dihibur dengan kesenian tradisional seperti tari-tarian.

Menurut Insiwi, pertunjukan tradisional ini akan menguatkan identitas ke-Indonesia-an masyarakat Solo dan sekitarnya, sekaligus memperkenalkan budaya Jawa kepada tamu asing yang akan datang ke tasyakuran ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

“Ini juga sudah sempat dilakukan oleh Kanjeng Gusti Mangkunegara VII. Ketika beliau menikah, mengundang atau mengadakan acara tari-tarian Jawa maupun Bali, serta mengadakan pesta dansa,” terangnya.

Sebagai informasi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sabtu.

Baca Juga: Nasihat Pernikahan Ma'ruf Amin ke Kaesang dan Erina: Anda Sudah Berjanji kepada Allah, Harus Diingat

Besok Minggu (11/12/2022), acara dilanjutkan di Solo. Kaesang dan Erina akan menjalani acara adat ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo di Loji Gandrung, kemudian melakukan kirab menuju Pura Mangkunegaran, lokasi tasyakuran ngunduh mantu.

Sebanyak 16.000 makanan gratis siap dibagikan kepada warga sekitar. Sembilan panggung hiburan juga telah didirikan untuk menghibur warga dan tamu yang hadir.


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x