Kompas TV nasional peristiwa

Nasihat Pernikahan Ma'ruf Amin ke Kaesang dan Erina: Anda Sudah Berjanji kepada Allah, Harus Diingat

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 16:49 WIB
nasihat-pernikahan-ma-ruf-amin-ke-kaesang-dan-erina-anda-sudah-berjanji-kepada-allah-harus-diingat
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan wejangan kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan nasihat pernikahan kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, seusai rangkaian prosesi ijab kabul terlaksana, Sabtu (10/12/2022).

Saat memberikan nasihat pernikahan, Ma'ruf Amin mengingatkan kepada kedua mempelai bahwa sejatinya perkawinan dalam Al-Qur'an merupakan sebuah perjanjian yang kuat. 

"Ada tiga perjanjian yang kuat pada Al-Qur'an, pertama, perjanjian Allah dengan kaum Bani Israil, kedua, perjanjian Allah dengan para nabi, dan yang ketiga adalah perjanjian suami dengan istrinya," kata Ma'ruf Amin. 

"Kenapa perjanjian suami istri disebut dengan perjanjian yang kuat? Pertama, karena perjanjian itu menyangkut kesepakatan untuk hidup bersama sepanjang masa," terang Wapres.

Kedua, lanjut Wapres, sesungguhnya perjanjian yang dilakukan oleh suami itu adalah perjanjian dengan Allah SWT. 

Dia pun kemudian mengingatkan kepada Kaesang bahwa ijab kabul adalah bentuk perjanjian kepada Sang Pencipta.

"Oleh karena itu, Ananda Kaesang, ketika Anda mengucapkan 'saya terima nikahnya atau kawinnya', berarti Anda sedang berjanji kepada Allah. Itu harus diingat. Hati-hati juga para suami lain yang sudah berjanji dengan Allah SWT, termasuk saya tentu sebagai suami," jelasnya.

Baca Juga: Makna Maskawin Kaesang untuk Erina: Emas 10, 12, 20, 22 Gram dan Uang Rp300.000

"Oleh karena itu, Rasullullah SAW mengingatkan, takutlah kalian kepada Allah wahai suami, dalam urusan perempuan, karena kamu mengambil istri-istri kamu atas amanat Allah."

Wapres yang berpakaian adat beskap hitam Surakarta ini juga mengingatkan kepada Kaesang untuk selalu memperlakukan Erina yang saat ini telah sah menjadi istrinya dengan baik dan mulia. 

"Dan kalian memperbolehkan untuk menggauli istri-istri kamu dengan kalimat Allah. Karena itu, hati-hati kita sudah punya perjanjian dengan Allah SWT," ucap Ma'ruf Amin. 

Seperti diketahui, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep telah resmi menikah dengan Erina Gudono, pada hari ini, Sabtu (10/12) siang.

Adapun akad nikah Kaesang dan Erina digelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Bertindak sebagai saksi pernikahan dari pihak pengantin pria adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan saksi dari pihak pengantin perempuan adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. 

Saat pelaksanaan ijab kabul, kakak Erina Gudono yakni Allen Adam Rinaldi Gudono, bertindak sebagai wali Erina untuk menikahkan adiknya dengan Kaesang Pangarep.

Baca Juga: Gemas! Aksi Jan Ethes dan Sedah Mirah Antar Cincin Kawin Kaesang dan Erina Gudono


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x