Kompas TV nasional peristiwa

Budayawan Ungkap Makna Midodareni yang Dilakukan Keluarga Kaesang dan Erina Malam Ini

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 20:33 WIB
budayawan-ungkap-makna-midodareni-yang-dilakukan-keluarga-kaesang-dan-erina-malam-ini
Budayawan Jawa, Bambang Irawan, mengungkap makna prosesi midodareni yang dilakukan keluarga Kaesang Pangarep dan Erina Gudono malam ini, Jumat (9/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah memasuki acara adat midodareni yang dilakukan di kediaman Erina di Kampung Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12/2022) malam.

Prosesi midodareni ini juga dihadiri oleh kedua orang tua mempelai pria Kaesang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana.

Diketahui midodareni berasal dari kata widadari/bidadari. Menurut kepercayaan, pada malam hari, bidadari akan turun dan dapat memberi kecantikan kepada calon pengantin perempuan. 

Baca Juga: 36 Finalis Puteri Indonesia akan Jadi Bridesmaid Pernikahan Kaesang dan Erina

Budayawan Jawa, Bambang Irawan, mengatakan prosesi midodareni pada dasarnya adalah untuk memastikan persiapan acara ijab qabul yang akan diadakan keesokan harinya, sudah maksimal.

Selain itu, midodareni juga bisa menjadi sarana kedua keluarga calon mempelai untuk saling berkenalan.

"Ini adalah malam di mana (memastikan -red) satu persatu persiapannya untuk berlangsungnya akad nikah besok paginya," ujar Bambang dalam Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Jumat.

Selain itu, pada acara midodareni juga akan dilakukan proses nyantrik yaitu calon pengantin laki-laki menunjukkan diri di hadapan keluarga calon pengantin perempuan.

Baca Juga: Momen Jokowi Gendong Kaesang Usai Proses Siraman

"Calon penganten laki-laki itu menampakkan diri kepada keluarga calon mempelai perempuan bahwa dirinya siap untuk itu dinikahkan," jelasnya.

Bambang mengatakan, ada cara lainnya pada prosesi midodareni yakni pemberian nasihat orang tua kepada calon mempelai perempuan.

"Mengenai bagaimana nanti kehidupan rumah tangga yang baik," tuturnya.

Sebagai informasi, acara ijab qabul Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diadakan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Sabtu (10/12/2022) besok.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x