Kompas TV nasional update

Bersihkan 31 Ton Sampah Acara Relawan Jokowi, 500 Pasukan Oranye, 10 Truk, 28 Pick Up Dikerahkan

Kompas.tv - 27 November 2022, 08:22 WIB
bersihkan-31-ton-sampah-acara-relawan-jokowi-500-pasukan-oranye-10-truk-28-pick-up-dikerahkan
Relawan Nusantara Bersatu berkerumun menghadap panggung di tengah Stadion Utama Gelora Bung Karno ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato, Sabtu (26/11/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan 500 orang pasukan oranye dan puluhan mobil untuk membersihkan sampah acara relawan Jokowi atau Nusantara Bersatu pada Sabtu (26/11/2022) sore di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Berdasarkan catatan DLH DKI Jakarta, puluhan ribu orang yang mengikuti acara Nusantara Bersatu pada Sabtu pukul 06.30 hingga 10.30 itu telah memproduksi sampah hingga mencapai 31 ton. 

"Pasukan kami selalu standby, tiap titik ada yang berjaga, dan akan siap bergerak begitu event apapun selesai berkegiatan. Kita selalu bereskan hingga kondisi kembali bersih," kata Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, Sabtu (26/11/2022) dilansir dari Kompas.com.

"Ini kami lakukan untuk memastikan lingkungan Jakarta agar selalu bersih, sehingga masyarakat lebih nyaman dalam berkegiatan. Sukses Jakarta untuk Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Beredar Kabar Ketidakhadiran Jokowi di Munas KAHMI Libatkan Intelijen Daerah, Panitia Membantah

Selain ratusan personel, ia juga mengaku mengerahkan puluhan kendaraan yang terdiri dari mobil lintas bak terbuka, street sweeper, serta truk sampah anorganik. 

"Kami mengerahkan 28 unit mobil pick up, 14 unit street sweeper, dan 10 unit truk. Untuk menunjang kegiatan Nusantara Bersatu ini kami juga menyediakan 38 unit toilet portable, 2 unit bus toilet VIP, truk tangki air bersih 2 unit, dan truk tangki air kotor 3 unit," rinci Asep.

Asep pun berterima kasih atas bantuan seluruh petugas hingga pemimpin masing-masing tim yang telah terlibat dalam menyelamatkan kawasan olahraga itu dari sampah. 

"Semua terlibat dalam membereskan sampah ini. Baik dari Kasudin, Kasatpel, hingga PJLP semua terlibat. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras, kerja sama dan kekompakannya dalam menuntaskan penanganan sampah ini," ujarnya.


Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, puluhan ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di GBK dalam acara Nusantara Bersatu untuk bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut, silaturahmi dengan relawan tersebut dalam rangka konsolidasi.

Tampak orang-orang yang berkumpul itu mengenakan pakaian bernuansa merah-putih. Mayoritas mereka mengenakan kemeja putih dan topi atau kerudung merah.

Presiden Jokowi menyampaikan pidato tentang perekonomian Indonesia, ancaman resesi global, hingga saran pemilihan presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: 4 Alasan Pidato Jokowi kepada Relawan Disebut Simbol Dukungan kepada Ganjar Pranowo

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x