Kompas TV nasional muktamar muhammadiyah

92 Nama Calon Pimpinan Muhammadiyah Dikerucutkan Hari Ini, Haedar Nashir Dipilih Lagi?

Kompas.tv - 18 November 2022, 07:44 WIB
92-nama-calon-pimpinan-muhammadiyah-dikerucutkan-hari-ini-haedar-nashir-dipilih-lagi
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir disebut bakal muncul dalam nama-nama calon pimpinan Muhammadiyah dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang mulai hari ini(Sumber: Antara/Luqman Hakim)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Budi Setiawan menyebutkan, bahwa agenda Muktamar Ke-48 Muhamammadiyah dan Aisyiyah yang dimulai pada hari ini, Jumat (18/11/2022) bakal menyeleksi para calon pimpinan Muhammadiyah.

Pada hari ini, agenda Muktamar Muhammadiyah adalah Sidang Tanwir Pra-Muktamar atau Tanwir Melekat Muktamar.

Dalam Sidang Tanwir tersebut akan disahkan sebanyak 39 nama sebagai Calon Tetap Anggota PP Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027.

Untuk saat ini, sudah ada 92 calon pimpinan Muhammadiyah yang terjaring oleh panitia. Nantinya bakal mengerut jadi 39 nama dan dibawa ke proses sidang Tanwir. 


“Sampai saat ini sudah ada 92 calon yang nanti akan kami bawa ke Sidang Tanwir, mohon maaf kalau kemudian ada pihak yang meminta secara pribadi untuk menyebutkan nama-nama calon. Kami menyatakan bahwa calon semuanya akan kita umum di Sidang Tanwir 18 November 2022,” kata Budi, Kamis (16/11/2022) dilansir dari situs Muhamamdiyah. 

Lantas budi menjelaskan, sebanyak 39 nama itu disebut sebagai calon tetap Anggota PP Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027 dan secara resmi akan diumumkan kepada Anggota Muktamar yang bakal dibuka langsung oleh Presiden Jokowi di Stadion Manahan, Solo, besok. 

Beberapa nama disebut-sebut bakal muncul di sana, termasuk nama Ketum Muhamammadiyah saat ini, yakni Haedar Nashir.

Baca Juga: Hari Ini Muktamar ke-48 Muhammmadiyah dan Aisyiyah di Solo Dimulai, Berikut Agenda Lengkapnya

Panitia sendiri, kata dia, tidak menyebut nama secara spesifik. 

Akan tetapi, kata dia, mengingat sekarang merupakan era keterbukaan informasi, nama-nama tersebut jika sudah terjaring dan mengerucut, biasanya akan tersebar ke publik juga.

“Resminya ke anggota muktamar, tetapi otomatis akan ke publik juga,” ungkapnya.

Baca Juga: Ikut Jadi Isu Strategis Muktamar, 'Aisyiah Tawarkan Rumah Gizi untuk Bantu Turunkan Stunting

Terkait kerahasiaan, lanjut Budi, merupakan kerja Panlih yang sudah sesuai dengan tata tertib pemilihan yang di SK kan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Budi menjelaskan, sebelumnya terlebih dahulu akan diadakan pengesahan dan pemilihan 92 Calon Sementara Anggota PP Muhammadiyah.

Tahap pengesahan dan pemilihan 92 Calon Sementara tersebut dilakukan pada Sidang Pleno I dan III di Tanwir Pra-Muktamar ke-48 Muhammadiyah.

Setelah itu kemudian dilakukan Sidang Pleno IV untuk pengesahan 39 Calon Tetap Anggota PP Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027, yang akan dibawa ke Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan dipilih 13 nama di sana.




Sumber : Kompas TV/Muhammadiyah.or.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x