Kompas TV nasional rumah pemilu

Buka Peluang Gibran Jadi Cawapres Anies, NasDem Diminta Demokrat Disiplin dalam Koalisi

Kompas.tv - 17 November 2022, 17:06 WIB
buka-peluang-gibran-jadi-cawapres-anies-nasdem-diminta-demokrat-disiplin-dalam-koalisi
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019. (Sumber: ANTARA/Aprillio Akbar)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief meminta NasDem disiplin dalam koalisi usai partai tersebut membuka peluang politikus PDIP Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Anies Baswedan pada Pilpres 2024. 

Baca Juga: Gibran Rakabuming Diiming-imingi Cawapres Anies Baswedan oleh Politikus NasDem di Pilpres 2024

Ia mengingatkan NasDem untuk selalu disiplin setelah memutuskan ingin membangun koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS di pesta demokrasi nanti. 

"PKS dan Demokrat disiplin dalam koalisi. Harusnya NasDem juga demikian. Bukankah sudah diserahkan pada Anies memilih cawapres," ujar Andi Arief kepada wartawan, Kamis (17/11/2022). 

Dia mengimbau agar partai besutan Surya Paloh itu untuk tak melakukan manuver mencari cawapres untuk Anies tanpa sepengetahuan Demokrat dan PKS.

"Sebaiknya konsentrasi saja pada apa yang sudah dibicarakan di koalisi. Bulatkan saja tekad, bahwa NasDem bergabung bersama PKS dan Demokrat memilih di jalur perubahan."

"Jangan setiap bertemu figur di luar PKS dan Demokrat, NasDem menawarkan sana-sini," ujarnya.


Baca Juga: Anies Tak Mau Buru-buru Tentukan Nama Cawapres, Ini Tiga Kriteria Calon Pendampingnya

 

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, partainya membuka peluang bila Gibran berkenan menjadi cawapres. 

Adapun Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah membebaskan Anies untuk menentukan cawapres yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024. 

"Tapi kalau kemudian Gibran dipantaskan untuk menjadi cawapres Anies, kenapa tidak?" kata Ali, Selasa (15/11/2022), seperti dikutip Kompas.com.

Ali menilai, sosok Gibran memenuhi kualifikasi untuk menjadi cawapres Anies.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x