Kompas TV nasional peristiwa

Puncak KTT G20 Siap Digelar, Sejumlah Pemimpin Negara Telah Tiba di Bali

Kompas.tv - 15 November 2022, 07:24 WIB
puncak-ktt-g20-siap-digelar-sejumlah-pemimpin-negara-telah-tiba-di-bali
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) melakukan pertemuan bilateral di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Senin (14/11/2022) dalam rangka perhelatan KTT G20. (Sumber: Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

BADUNG, KOMPAS.TV - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah siap digelar mulai hari ini, Selasa (15/11/2022) hingga esok Rabu (16/11), sejumlah pemimpin negara G20 dan organisasi internasional terus berdatangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Sebanyak 14 dari 17 pemimpin negara G20 yang terkonfirmasi hadir, telah tiba di Bali.

Terbaru, ada Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte. Ia mendarat di Bali pada Senin (14/11/2022) malam sekitar pukul 23.00 WITA.

Sebelumnya, Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping beserta Madam Peng Liyuan tiba sekitar pukul 15.00 WITA.

Tak berselang lama, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga tiba di Bali, disusul kemudian oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron beberapa menit kemudian.

Sejumlah pemimpin negara juga telah tiba di Bali, di antaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Selain itu Presiden Persatuan Emirat Arab Mohammed Bin Zayed Al Nahyan, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Rwanda Paul Kagame juga telah tiba di Bali pada Senin (14/11). 

Baca Juga: Jelang KTT G20, Presiden Jokowi Langsung Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Pemimpin Negara

Sebagain delegasi juga sudah hadir sejak Minggu (13/11). Pemimpin negara yang tiba pada hari Minggu, di antaranya Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Tiga pemimpin negara yang masih ditunggu kehadirannya yaitu Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi, dan Perdana Menteri Saudi Arabia Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud. 


Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan persiapan pelaksanaan KTT berlangsung lancar.

"Semua lancar, tidak ada yang melenceng dari jadwal yang sudah ditetapkan," ungkapnya kepada media pada Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Mengenal Apa Itu G20 dan Apa Manfaatnya untuk Indonesia

Pembukaan G20

KTT G20 akan dibuka dengan sambutan Presiden Joko Widodo kepada para kepala negara anggota G20 dan delegasi serta para undangan pada Selasa pagi di hotel The Apurva Kempinski, Bali. 

Kemudian akan dilanjutkan working group sesi I yang membahas food and energy security. Lalu ada pula pembahasan soal transformasi digital secara terpisah. 

Selanjutnya akan digelar working group sesi 2 yang membahas tema kesehatan setelah istirahat makan siang. 

Kegiatan KTT G20 hari ini akan diakhiri dengan resepsi penyambutan para delegasi.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x