Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Bertemu Aher di PKS, PDIP: Politik Jangan Diisi Manuver-Manuver

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 05:35 WIB
anies-bertemu-aher-di-pks-pdip-politik-jangan-diisi-manuver-manuver
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) merespons terkait pertemuan Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga Bakal Capres Partai NasDem ANies Baswedan dengan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto merespons terkait pertemuan Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga Bakal Capres Partai Nasdem Anies Baswedan dengan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher). 

Hasto mengaku tak ingin menanggapi lebih jauh terkait pertemuan antar-keduanya tersebut.

Dia hanya berpesan bahwa politik dalam negeri harus mempunyai makna bagi masyarakat, bukan semata diisi manuver yang tidak berorientasi dengan kepentingan bangsa.

"Namanya pertemuan pertemuan ini kalau kita tanggapi penuh dengan berita kita hanya dengan tanggapan," kata Hasto di kantor Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (30/10/2022), seperti dilaporkan Jurnalis Kompas TV, Putri Oktaviani.

"Sementara politik ini kan harus punya makna bagi kehidupan rakyat jadi politik jangan diisi dengan berbagai manuver-manuver yang tidak berorientasi pada kemajuan bangsa dan negara itu harapan dari PDIP."

Dia lantas membandingkan dengan partainya yang disebut memiliki sejumlah kegiatan dari kekuatan kader yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. 

Adapun kegiatannya, di antaranya menggelar pekan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga gerakan mencintai lingkungan. 

"Hari ini kami perlakukan khusus politik kemarin kami mengadakan pekan UMKM di Bangka Belitung dan ini akan ikuti daerah-daerah lain, kami mengadakan turnamen bulutangkis. Karena Mbak Yayuk (Yayuk Basuki, mantan petenis nasional) belum gabung, nanti turnamen, kita akan adakan."

"Ada Pak Surono (Geolog, mantan Kepala PVMBG) yang baru bergabung. Nah nanti kita ada gerakan mencintai lingkungan dan pelajaran fokus dari Pak Surono agar politik tidak menciptakan letusan-letusan seperti gunung berapi terjadi secara mendadak."

Baca Juga: Presiden PKS Harap Anies Berjodoh dengan Aher di Kepemimpinan Tingkat Nasional, Sinyal Usung Capres?


 

Diberitakan sebelumnya, pertemuan Anies dengan Aher terjadi pada Minggu (30/10/2022) di kantor DPP PKS.

Adapun kedatangan Anies tersebut adalah untuk menjadi narasumber di acara DPP PKS Jakarta.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Asri Gunawan dari lokasi acara, ada beberapa hal menarik yang disampaikan oleh Anies dan juga Aher dalam konferensi pers seusai kegiatan.

Pertama, keduanya menyebut ada diskusi antara Anies dan Aher dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu soal persoalan bangsa serta pilpres 2024. Anies menyebut, hubungan dirinya dengan PKS cukup baik dan kuat.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan tiga kriteria wakil presiden, yakni bisa mendapatkan dukungan, memiliki soliditas, dan bisa menjalankan pemerintahan yang efektif.

Sementara, Aher, menyebut bahwa belum ada dukungan resmi dari PKS untuk mengusung Anies sebagai calon presiden.

Namun, ia menyebut, pengumuman atau deklarasi resmi terkait hal itu akan diumumkan usai musyawarah dengan majelis syuro.

Baca Juga: Pertemuan Anies dan Aher di Acara PKS, jadi Sinyal Peluang Cawapres Anies?




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x