Kompas TV nasional peristiwa

Longsor di Cadas Pangeran, Batu Besar Tutup Ruas Jalan dan Timpa Satu Minibus

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 19:29 WIB
longsor-di-cadas-pangeran-batu-besar-tutup-ruas-jalan-dan-timpa-satu-minibus
Longsor terjadi di tebing Jalang Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (29/10/2022) sore WIB.  (Sumber: Dandim Sumedang)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

SUMEDANG, KOMPAS.TV - Longsor terjadi di tebing Jalang Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (29/10/2022) sore WIB. 

"Dilaporkan pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2022 pukul 15.15 WIB di daerah Cadas Pangeran, tepatnya di perbatasan Kecamatan Pamulihan dan Sumedang Selatan telah terjadi longsoran batu yang menutupi jalan raya Bandung-Sumedang di sekitar Cadas Pangeran," tulis keterangan resmi yang diterima KOMPAS.TV, Sabtu (29/10)

"Hasil pantauan sementara, salah satu kendaraan yang terkena longsoran saat ini dalam penanganan petugas gabungan TNI Polri, juga dibantu masyarakat sekitar."

Baca Juga: PMI Berikan Bantuan Logistik Pada Korban Longsor

Melansir laporan Tribun Jabar, longsoran bongkahan batu-batu seukuran mobil itu menimpa dua buah minibus, yakni Toyota Fortuner bernomor polisi G 8336 WP serta Honda Freed dengan nopol B 2622 UBB.

Kondisi minibus Honda Freed tampak yang paling parah. Bagian tengah sebelah kiri mobil gepeng tertimpa batu. 

Kendati demikain, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 

"Tidak ada korban jiwa, hanya empat orang penumpang mobil mengalami luka-luka. Tadi sudah langsung dievakuasi ke RSUD Sumedang," kata Atang, dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Antisipasi Longsor Susulan di Purbalingga, Warga Diimbau Tetap di Pengungsian

Selain itu, longsoran bongkahan batu menutup akses jalan, sehingga akses penghubung Bandung-Cirebon sempat lumpuh total.

"Tadi sempat menutup jalan, jadi jalur lumpuh total sekitar setengah jam. Korban jiwa tidak ada, tadi hanya ada empat orang yang mengalami luka-luka, ada seorang balita yang juga mengalami luka. Langsung dibawa ke RSUD Sumedang," tutur seorang warga lokal, Andika, dikutip dari laporan Kompas.com. 

.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Tribun Jabar


BERITA LAINNYA



Close Ads x